Pemko Banjarmasin Raih Penghargaan Innovative Government Award Dari Kementerian Dalaam Negeri Republik Indonesia


Hallobanua.com, Banjarmasin – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin kembali menerima penghargaan. Kali ini Pemko Banjarmasin menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai pemerintah daerah (Pemda) yang inovatif atau Innovative Government Award (IGA).


IGA sendiri diberikan kepada pemerintah daerah (Pemda) yang dinilai mampu memberikan inovasi-inovasi positif dalam program-program yang berhubungan dengan ekosistem kerja di Pemda tersebut dan juga program yang berhubungan dengan pelayanan langsung kepada masyarakat.


Menurut informasi yang kami himpun, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina akan bertolak ke Jakarta pada Jum’at lusa (18/12/20) untuk menerima penghargaan yang akan diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tersebut.


Informasi ini dibenarkan oleh Kepala Bidang (Kabid) Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Barenlitbangda) Kota Banjarmasin, Dedi Supriatna.


“Jadi kita sudah diumumkan sebagai salah satu kota yang mendapat predikat sangat tinggi dalam penghargaan yang disebut dengan atau Innovative Government Award (IGA). Penghargaan ini diadakan setiap tahun oleh Kementerian Dalam Negeri dan penghargaan yang didapat Pemko Banjarmasin kali ini adalah yang pertama kalinya. Jum’at lusa (18/12/20) Pak Walikota akan berangkat ke Jakarta untuk menerima penghargaan ini,” kata Dedi kepada hallobanua.com saat ditemui di ruang kerjanya (16/12/20).


Dedi menjelaskan, ada 7 aspek penilaian yang dinilai terdapat 21 indikator yang digunakan untuk menentukan pemerintah daerah (Pemda) mana saja yang layak untuk mendapatkan penghargaan ini.


Dari 7 aspek penilaian, yaitu hasil kreatif, institusi, SDM & penelitian, infrastruktur, kecanggihan produk, kecepatan bisnis proses dan output pengetahuan & teknologi, Pemko Banjarmasin mendapat nilai nyaris sempurna pada 4 aspek.


“Alhamdulillh ada 7 aspek yang dinilai, kita memperoleh nilai yang sangat bagus atau bahkan nyaris sempurna di 4 aspek yaitu aspek institusi, kecanggihan produk, kecepatan bisnis proses dan hasil kreatif. Sementara itu pada 3 aspek lainnya masih kita perlu benahi dan perbaiki namun meski demikian nilai kita sudah lebih dari cukup untuk dikategorikan sebagai pemerintah daerah inovatif yang layak mendapatkan penghargaan IGA,” paparnya.


Dedi berharap, penghargaan ini menjadi pemicu semangat bagi seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin untuk terus berinovasi.


“Semoga dengan penghargaan ini kita semua di lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin dapat terus berinovasi khususnya dalam hal-hal yang bersifat pelayanan kepada masyarakat. Jangan sampai penghargaan ini menjadi yang pertama dan terakhir. Terlepas dari penghargaan ini, memang sudah seharusnya kita terus berinovasi ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.


Pemerintah Kota Banjarmasin sendiri menjadi salah satu dari 20 Pemda yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai Pemda yang layak diganjar Innovative Government Award (IGA).


Ada 33 jenis inovasi yang didaftar oleh Pemko Banjarmasin ke Kementerian Dalam Negeria sehingga berhasil meraih predikat ini. 33 inovasi tersebut terdiri dari 9 inovasi dalam bidang kesehatan, 2 inovasi dalam bidang pariwisata, 1 inovasi dalam bidang kelautan dan perikanan, 3 inovasi dalam bidang lingkungan hidup, 1 inovasi dalam bidang penanaman modal, 3 inovasi dalam bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana, 2 inovasi dalam bidang perhubungan, 1 inovasi dalam bidang ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, 1 inovasi dalam bidang administrasi dan pencatatan sipil, 1 inovasi dalaam bidang perumahan rakyat dan kawasan permukiman dan  9 inovasi dalam bidang keuangan.


Penulis: Akim | Editor: Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar