Hujan Mengguyur Daerah Hulu, Warga Banjarmasin Dihimbau Waspada

hallobanua.com, Banjarmasin - Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di daerah hulu dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan debit air di sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan mengalami kenaikan.

Seperti yang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Banjar hari ini, Kamis (25/2/21). Salah satu wilayah yang tergenang air adalah Desa Dalam Pagar Ulu, Kabupaten Banjar. Informasi dihimpun, ketinggian air di daerah ini mencapai mata kaki orang dewasa bahkan di sejumlah titik lebih tinggi dari itu.

Kondisi ini membuat Warga Kota Banjarmasin juga dihimbau untuk waspada dengan adanya air kiriman yang mungkin saja akan kembali menggenangi Kota Seribu Sungai.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Pemerintah Kota Banjarmasin secara konsisten melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan banjir di Banjarmasin.

Mari kita kilas balik sedikit, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar rapat koordinasi Tim Satgas Normalisasi Sungai bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Akademisi di Aula Kayuh Baimbai. 

Rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Ibnu Sina yang saat itu masih menjabat sebagai Walikota Banjarmasin, didampingi ketua DPRD kota Banjarmasin, Harry Wijaya dan perwakilan Polresta, Kodim 1007 Banjarmasin serta kejaksaan Negeri Banjarmasin,  pada Rabu (3/2/21) lalu.

Turut hadir, Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin, Muhammad Isnaini , Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas PUPR, Windiasti Kartika ST MT dan Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakueda), H Subhan Noor Yaumil beserta dari pihak akademisi Dr. Dian Masita Dewi. 

Dalam kesempatan itu, H Ibnu Sina mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada warga yang membongkar rumahnya sendiri yang berada di jalur aliran sungai sehingga menyebabkan sulitnya air mengalir. 

"Kami sekali lagi memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada warga Kota Banjarmasin yang sudah dengan kesadaran sendiri membongkar titik-titik lokasi yang menghambat aliran sungai," ucap H Ibnu Sina, Rabu (3/2/21) tadi.

Selain itu, dirinya mengutarakan take action ke lapangan bersama Tim Satgas Normalisasi Sungai untuk melakukan upaya penanganan banjir dengan berbagai metode dan alat yang digunakan untuk eksekusi dilapangan. 

Ibnu Sina berharap kolaborasi dan kerja sama dari warga kota Banjarmasin yang masih berada di titik-titik penghambat air untuk tidak menunggu eksekusi dari Pemerintah dengan melakukan pembongkaran secara mandiri.

Penulis: Akim | Editor: Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!