Lantik 5 Pasangan Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020, Pj Gubernur Kalsel: Ada 4 Program Prioritas

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal (26/2/21)

hallobanua.com, Banjarmasin – Lima pasangan kepala daerah hasil Pilkada serentak tahun 2020 yaitu bupati/walikota yang berasal dari lima daerah di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) secara resmi dilantik oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel, Safrizal, Jum’at (26/2/21) pagi. 

Bertempat di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Safrizal melantik pasangan bupati/walikota dari Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tanah Bumbu dan Kota Banjarbaru. 

Ditemui usai acara, Safrizal mengatakan bahwa ada 4 program prioritas yang harus diprioritaskan para bupati/walikota yang baru saja dilantik tersebut. 

“Yang pertama sesuai arahan Bapak Presiden yaitu program percepatan penanganan Covid-19 harus terus dilanjutkan. Yang kedua, percepatan pemulihan ekonomi dengan cara menjaga daya beli masyarakat, menjamin ketersediaan bahan pokok, peningkatan kualitas layanan publik dan perbaikan dampak sosial yang diakibatkan Pandemi Covid-19 harus terus dilaksanakan. Lalu yang ketiga, memastikan kelancaran vaksinasi sambil terus menggalakan penerapan protokol kesehatan,” paparnya. 

Selain penanganan permasalahan yang diakibatkan Pandemi Covid-19, Pj Gubernur Kalsel juga menyampaikan program prioritas terkait penanganan bencana banjir. 

“Yang keempat yaitu penanganan pemulihan pasca banjir dengan cara percepatan rekonstruksi dan rehabilitasi serta memastikan distribusi barang dan jasa khususnya kebutuhan pangan berjalan dengan lancar,” lanjutnya. 

Adapun terkait masih adanya dua kepala daerah dari dua kabupaten/kota yang belum dilantik, Safrizal mengatakan bahwa semuanya tinggal menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi. 

“Kita tunggu hasil putusan MK, karena ini cukup lama kemungkinan sampai akhir Maret maka akan kita tunjuk penjabatnya dan sudah kami usulkan ke Kementerian Dalam Negeri, Kalau SK-nya turun kita lantik,” ungkapnya. 

Ditambahknya, sudah ada nama-nama yang dipersiapkan untuk mengisi posisi sebagai Penjabat Walikota Banjarmasin dan Bupati Kotabaru. 

“Masing-masing sudah ada 3 nama, siapa yang akan jadi nanti tunggu saja waktunya,” pungkasnya. 

Penulis: Akim | Editor: Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!