Memperindah Sungai Dalam Gang, Warga Gang AA Buat Taman Iwak Bungas


hallobanua.com, Banjarmasin - Berbagai inovasi terus dilakukan masyarakat Kota Banjarmasin dimasa pandemi ini. 

Salah satunya, membuat taman ikan guna  menjaga kebersihan sungai. 

Warga menyebutnya Taman Iwak  yang berada di Gg AA Bungas  di Jl. Belitung Darat gang. AA RT. 16, Kelurahan Belitung Utara, Kecamatan Banjarmasin Barat. 

Warga dikawasan tersebut secara swadaya melakukan pembersihan serta pembangunan taman ikan, untuk mempercantik suasana lingkungan sekitar. 

"Dimulai dari inisiatif warga. Sebenarnya tujuan kami hanya satu, yakni demi kebersihan sungai," ucap Ivan, selaku Ketua Pengurus Taman Iwak gang. AA, Bungas. 

Ivan juga bercerita, selama satu bulan, warga bergotong royong melakukan pengerukan dan pembersihan sungai, untuk konsep pembuatan taman serta kolam ikan. 

"Oktober 2020 sudah mulai pembersihan, tapi setelah bulan November kami mengisi ikannya dan Desember mulai pengecatan," terangnya. 


Ia mengungkapkan, konsep taman ikan sendiri, yakni diisi dengan bermacam-macam jenis ikan untuk memperindah kawasan sungai di Gang AA. 

"Konsepnya ini sebenarnya taman yang ada kolam ikannya, dan ada tumbuhan hidup. Kita isi juga di sungai ini mulai ikan lele, nila merah, patin, gurami dan banyak lagi," tuturnya. 

Ia juga tak menampik, adanya penolakan dari warga akan pembuatan kolam ikan dan taman tersebut, akan tetapi ia menjelaskan bahwa konsep utamanya yakni taman ikan, bukan ternak ikan. 

"Penolakan dari warga itu pasti ada. Ada yang takut sungainya jadi bau, Tapi setelah dijelaskan bahwa itu bukan untuk tambak ikan, jadi mereka Alhamdulillah semua setuju," tambah Ivan. 

Kedepannya, pihaknya akan melakukan inovasi yang lebih lagi, yakni pembangunan gajebo serta akan memperpanjang ruas sungai untuk dihiasi dengan lampu-lampu serta hiasan di tanam. 

"Rencana kedepannya kita akan lengkapi lagi tanamannya, terus kita akan berikan penerangan lebih bagus lagi di sungainya apalagi bulan ramadhan. Dan kita tambah gajebo atau saung lagi untuk warga bisa bersantai," pungkasnya. 

Penulis: Rian | Editor: Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!