Pembongkaran Terus Berlanjut, Satgas Sudah Siapkan Prototype Jembatan

hallobanua.com, Banjarmasin - Satgas Normalisasi Sungai dan Penanggulangan Banjir (NSPB) Kota Banjarmasin, sampai saat ini terus melakukan pembongkaran dan pengerukan di sekitaran A Yani dan Veteran. 

Target pembongkaran sendiri yakni bangunan yang berada diatas sungai serta Jembatan Bangunan Gedung (JBG) yang pembangunannya tidak sesuai aturan pemerintah. 

Ketua Satgas Normalisasi Sungai Kota Banjarmasin, Doyo Pudjadi, sudah menyiapkan prototype jembatan yang nantinya digunakan masyarakat untuk pembangunan JBG. 

"Yang membuat prototype jembatan adalah ikatan tenaga ahli konsultan jembatan, sebuah komunitas profesional yang turut membantu Satgas Normalisasi Sungai dan Penanggulangan Banjir Kota Banjarmasin," jelas Doyo di Lobby Balai Kota Banjarmasin, Selasa ( 23/02/21). 

Doyo juga mengungkapkan, salah satu syarat kontruksi bangunan jembatan yang dibangun, nantinya harus lebih tinggi dari jalan. 

Ia beralasan, karena apabila lebih tinggi akan mempermudah arus air sungai yang melalui jembatan dan juga untuk menghindari apabila ada penumpukan sampah. 

"Modelnya sedikit naik tinggi ditengah tanpa ada penghalang ditengahnya. Kalau di A Yani itu 60 cm dari tinggi muka air banjir (MAB)," ucapnya. 

Dilanjutkan Doyo,  kalau melihat dari tinggi trotoar, maka tinggi jembatan kemungkinan hampir 1 meter. 

Adapun untuk lebar jembatan ia menegaskan, itu menyesuaikan bangunan. 

"Kalau dikonversi dengan trotoar, berarti 90 cm tingginya. Kalau lebarnya kita akan menyesuaikan bangunan. Yang jelas semakin lebar jembatan, itu semakin sulit untuk maintenancenya nanti," tutur Doyo. 

Masih kata Doyo,  soal biaya renovasi ditanggung sendiri untuk pelaku usaha atau pribadi. Namun untuk jembatan umum, pembiayaan renovasinya akan ditanggung pemerintah melalui anggaran yang terlebih dulu melalui rapat Musrenbang. 

"Silahkan bangun tapi dengan biaya sendiri. Kalau jembatan umum nanti pemerintah yang menganggarkan," katanya. 

Asisten ll bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Banjarmasin itu juga berharap, agar kerja Satgas NSPB ini untuk jangka menengah dan jangka panjangnya dapat menciptakan pembangunan tang sesuai aturan serta sungai yang beraih tanpa adanya banjir. 

"Harapannya tentunya di sungai A Yani maupun Sungai Veteran itu, punya sungai yang lebar dan dalam serta jembatan yang sesuai aturan tanpa ada penghalang ditengahnya. Sehingga ada peningkatan kapasitas daya tampung sungai dan run off air sangat lancar dan air pasang serta banjir alan hilang," harap Doyo. 

Penulis: Rian | Editor: Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!