TPS Sungai Andai Ditutup Warga, Dianggap Menutup Badan Jalan


hallobanua.com, Banjarmasin - Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Jl. Sungai Andai RT. 39, atau di simpang 3  menuju Desa Sungai Biuku, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara,  dalam 1 bulan terakhir ini ditutup warga, karena sempat menutup badan jalan, hingga  dinilai mengganggu warga disana saat melintas. 

Ketua RT. 39 Desa Sungai Biuku, Kelurahan Sungai Andai, Abdul Muis mengatakan, sampai saat ini TPS tersebut masih ditutup dan secara bergantian warga menjaganya nonstop. 

"Masih kami tutup, nonstop dijaga warga," kata Abdul. 

Ia mengungkapkan, beberapa hari yang lalu warga RT. 39 sudah bertemu dengan Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, untuk mengkoordinasikan masalah TPS yang menjadi satu satunya titik pembuangan sementara warga Sungai Andai. 

"Kami kemarin ada bertemu dengan dinas terkait, kami meminta untuk dilakukan pelebaran jalan di depan TPS," ujarnya. 

Permintaan pelebaran jalan tersebut ujarnya  untuk kemudahan warga sekitar beraktifitas agar tidak terganggu saat  melintas karena menurutnya kadang ada gerobak sampah yang menghalangi jalan. 

Jika permintaan mereka direalisasi, maka TPS akan dibuka kembali. 

"Kita minta, sebelum dibuka di depan TPS dibuatkan pelebaran jalan, supaya warga yang melintas tidak terganggu, karena sebelumnya sampah dan gerobak sering menghalangi jalan. Sampai permintaan dipenuhi baru kami buka," tegasnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Marzuki membenarkan adanya pertemuan itu terkait TPS di Kelurahan Sungai Andai. 

"iya, kemarin  sudah bertemu dan mengkoordinasikan masalah TPS. Permintaan warga tersebut sudah kita sampaikan ke dinas terkait, sekarang tinggal menunggu prosesnya," ujarnya. 

Kendati demikian, Marzuki berharap masalah tersebut bisa cepat diselesaikan, selain itu warga sekitar juga ikut membantu agar tidak membuang sampah sembarangan. 

"Saya harap masyarakat bisa tidak membuang sampah sembarangan, biar sampah yang tertimbun tetap rapi tidak berserakan, selain itu juga ada TPS yang tidak jauh dari Kelurahan Sungai Andai seperti di Benua Anyar Jalan P Hidayatulah dan Belakang Gedung Taekwondo Jalan Sultan Adam," pungkasnya. 

Penulis: Rian | Editor: Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!