Trenggiling Masuk ke Pemukiman, Kagetkan Warga di Alalak Barito Kuala

hallobanua.com, Batola - Warga Jl.Semangat Bakti RT.02 No.11, Desa Semangat Bakti, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala (Batola), dikagetkan dengan kehadiran hewan trenggiling yang masuk kepemukiman warga, Senin (15/2/21), sekitar Pukul 06.00 Wita pagi.

Pihak Animal Rescue Kota Banjarmasin pun dengan sigap melakukan evakuasi serta pemantauan terhadap hewan bernama latin Manis Javanica tersebut. 

Sebelumnya, seorang warga bernama Ali, melapor melalui WhatsApp untuk meminta bantuan penanganan evakuasi karena hewan yang dilindungi  tersebut, masuk kerumah warga.

Pihak Animal Rescue pun berkoordinasi dengan BKSDA Kalimantan Selatan dan diminta untuk melakukan pengamanan satwa tersebut karena masuk ke pemukiman warga.

Menurut Hanafi, salah seorang anggota Animal Rescue Kota Banjarmasin, masuknya hewan langka tersebut dikarena habitatnya terganggu. 

"Habitatnya mungkin terganggu," ucapnya kepada hallobanua.com, Senin,( 15/02/21). 

Ia juga mengatakan, dalam proses evakuasi tidak ada kesulitan apapun, meskipun untuk melepas pegangan hewan langka tersebut cukup memakan waktu. 

"Posisinya di kayu. Dia memegang kayu yang cukup  kuat pegangannya, jadi perlu waktu 30 menitan lah untuk melepas," ungkapnya.

Hanafi pun mengatakan, saat ini hewan tersebut akan dijemput oleh  BKSDA Kalsel untuk  diberikan perawatan serta rehabilitas agar nantinya dikembalikan kehabitan asalnya. 

Penulis: Rian | Editor: Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar