8 DPC Demokrat di Kalsel Ditengarai Merapat ke KLB Deli Serdang

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Kalsel, Rusian bersama 5 orang Ketua DPC Partai Demokrat se Kalsel, Jum'at (5/3/21)


hallobanua.com, Banjarmasin – Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat Kontra-AHY yang digelar hari ini (5/3/21) di Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara ditengarai turut dihadiri oleh sebagian DPC Partai Demokrat yang ada di Kalimantan Selatan. 

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPD Partai Demokrat Kalimantan Selatan, Rusian,  saat dihubungi oleh hallobanua.com melalui sambungan telepon, Jum’at (5/3/21) malam. 

“Tadi pagi kita mengadakan pertemuan untuk kesiagaan dan antisipasi terkait KLB di Deli Serdang. Dari 13 DPC kabupaten/kota di Kalsel, yang hadir cuman 5 orang Ketua DPC. Artinya ada 8 yang tidak hadir, dan berdasarkan hasil investigasi dari DPP, kawan-kawan itu ditengarai ada di Sumatera Utara,” ungkapnya kepada hallobanua.com. 

Adapun 5 DPC yang hadir tersebut, disampaikan oleh Rusian adalah DPC Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Banjar dan Balangan.

Rusian juga menyikapi KLB yang digelar di Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara tersebut dan menganggapnya hanya sebagai seremonial biasa. 

“Soal KLB Deli Serdang, kami menganggap itu adalah sebuah seremonial dari sebagian kader Partai Demokrat atau mantan kader Partai Demokrat. Karena kalau KLB, tentu harus sesuai dengan AD/ART dari partai, sedangkan kegiatan tersebut tidak sesuai dengan AD/ART yang sah,” lanjutnya. 

Oleh karena itu, menurut Rusian, Kemenkumham tidak akan mengakui kegiatan tersebut sebagai KLB. 

“Pelaksanaan KLB itu kan ada syarat yang harus dipenuhi, yang pertama pelaksananya adalah pengurus DPP yang terdaftar di Kemenkumham. Kedua, peserta yang hadir harus sesuai dengan AD/ART yang ada di Kemenkumham, artinya pemilik suara yaitu setengah dari jumlah Ketua DPC se Indonesia dan 2/3 dari Ketua DPD se Indonesia. Kalau syarat itu tidak terpenuhi, dianggap seremonial saja,” tegasnya. 

Dirinya juga berpesan kepada seluruh kader Partai Demokrat agar tetap solid dan bersatu. 

“Mari kita tetap semangat dalam menjaga elektabilitas dan kita kuatkan lagi demokrasi yang ada di Kalimantan Selatan,” pungkasnya. 

Untuk diketahui, sebagai langkah antisipasi terkait KLB yang diduga ilegal yang diselenggarakan di Deli Serdang tersebut, DPD Partai Demokrat Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar pertemuan dengan Ketua DPC Partai Demokrat di Kalsel di salah satu hotel yang ada di Kota Banjarmasin, Jum’at (5/3/21) pagi. 

Dan dari 13 DPC kabupaten/kota yang ada di Kalsel, hanya 5 Ketua DPC yang berhadir dalam acara pertemuan tersebut. Akim/Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!