Belum Miliki Masjid, LAZISMU HSS Dirikan Masjid Pertama Di Desa Kamawakan


hallobanua.com, Kandangan - Desa Kamawakan termasuk desa terluar di Kecamatan Loksado yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjar. Disana, belum ada masjid, sementara  ini peribadatan dilakukan di rumah salah seorang warga, dan tidak bisa dipakai untuk sholat Jum'at.

Setiap sholat Jum'at warga harus ke masjid yang berada di Desa Loksado dengan menempuh jarak 8 kilometer. 

Atas keprihatinan itulah LAZISMU (Lembaga Amil Zakat Infaq Dan Sedekah Muhammadiyah) HSS berinisiatif untuk mendirikan masjid di Desa Kamawakan, tepatnya di Dusun Bumbu Yanin.

Tidak hanya mendirikan mesjid, LAZISMU HSS juga sudah membuat program yang komprehensif untuk Desa Kamawakan, program tersebut dinamakan dengan program Kampung Berkemajuan.

Ditemui di kantor LAZISMU HSS dr. H Didi Kurniadi selaku ketua LAZISMU HSS menjelaskan tentang pendirian mesjid yang menjadi tonggak pertama program Kampung Berkemajuan.

"Ada 5 pilar program Kampung Berkemajuan yaitu keagamaan, pendidikan, kesehatan, sosial ekonomi, dan lingkungan, masjid ini menjadi tonggak pertama Kampung Berkemajuan, karena tujuan masjid sebagai pusat peribadatan dan peradaban," jelasnya kepada hallobanua.com Senin, (01/03/21).

Lebih lanjut dr. H Didi menerangkan bahwa nantinya LAZISMU HSS tidak hanya mendirikan masjid, tapi beberapa pos layanan seperti kesehatan, dan pendidikan juga akan didirikan.


"Kami mencanangkan program Kampung berkemajuan ini berdasarkan kondisi lingkungan masyarakat yang mengalami keterbatasan sarana prasarana dalam hal keagamaan, kesehatan, dan pendidikan, jadi dari situlah timbul pemikiran dan tergerak untuk membantu hal-hal tersebut, tidak hanya masjid, mungkin nanti kita akan dirikan juga pos layanan kesehatan dan pendidikan yang di kemas dalam program Kampung Berkemajuan," terangnya.

Pendirian masjid di Desa Kamawakan ini menjadi fase pertama dari program Kampung Berkemajuan.

Mengawali program Kampung Berkemajuan di Desa Kamawakan, LAZISMU HSS telah membebaskan total lahan seluas 509m², yang 188m² digunakan untuk pendirian masjid dengan luas bangunan masjid 121m².

Warga sangat terbantu dengan didirikannya masjid di desa Kamawakan,

"Kami senang dengan didirikannya masjid disini, sholat Jum'at jadi tidak jauh lagi," tutur seorang warga.

Dengan adanya masjid dan program Kampung Berkemajuan diharapkan terciptanya dinamika kehidupan masyarakat Desa Kamawakan yang lebih baik, mandiri, berkembang, dan maju dalam menghadapi era kehidupan modern. Putra/Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!