Mahasiswa Turun ke Jalan, Tuntut Pelanggaran HAM Diusut hingga Tuntas

Hallobanua.com, Banjarmasin -Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aksi Kamisan, turun ke jalan dan melakukan orasi, di perempatan Jembatan Merdeka, Kota Banjarmasin, Kamis (25/3/21) sore.

Dalam aksinya, mahasiswa mengingatkan kepada masyarakat dan pemerintah untuk membangun kesadaran betapa pentingnya penghargaan Hak Asasi Manusia (HAM) itu ditegakkan.

Selain itu, gabungan mahasiswa ini juga menuntut kepada pemerintah bahwa kasus pelanggaran HAM yang belum mendapatkan titik terang, bisa segera diselesaikan dan dituntaskan.

Dari pantauan hallobanua.com di lapangan, terlihat puluhan mahasiswa berdiri dipinggiran jalan sembari melakukan orasi dan membaca puisi.

"Khususnya kepekaan terhadap berbagai kekerasan dan pelanggaran HAM, sebagai akibat dari penyalahgunaan kekuasaan dan kepedulian terhadap sesama," ujar koordinator aksi Rizzki Nugroho kepada hallobanua,com, Kamis petang (25/3/21).
Ditambahkan, dalam aksi ini juga berharap agar pemerintah peka terhadap maraknya kasus pelanggaran HAM yang sampai saat belum ada titik terang penyelesaian kasusnya.

"Hingga saat ini masih banyak kasus pelanggaran HAM yang masih belum terselesaikan," tambah mahasiswa Universitas Islam Kalimantan (Uniska) itu. 

Rizky juga berharap, agar seluruh masyarakat, khususnya Kalimantan Selatan bisa lebih sadar dan peduli terhadap segala bentuk pelanggaran HAM.

"Semoga dari aksi ini, bisa mengantisipasi terjadinya segala bentuk pelanggaran HAM dimasa yang akan datang," pungkasnya. 

Aksi damai yang dilakukan oleh puluhan mahasiswa ini, mendapat pengawalan dan penjagaan ketat dari aparat kepolisian setempat. Usai menyampaikan orasinya, massa pun membubarkan diri dengan tertib.

Penulis : Rian Akhmad/ Yayan
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!