Meski Ditutup, Masih Ada Pedagang dan Kunjungan Warga di Siring Pasar Terapung

hallobanua.com, Banjarmasin - Meskipun ditutup oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, Siring di kawasan Jalan Piere Tendean Banjarmasin,  ternyata masih  dipadati oleh para pedagang  yang berjualan. 

Dari pantauan hallobanua.com dilapangan, Minggu (07/03/21) pagi kemarim, terlihat ada aktivitas para pedagang yang berjualan di kawasan Siring Pasar Terapung tersebut. Bahkan, banyak para pengunjung yang bersantai sambil menikmati pemandangan sungai. 

Padahal, kawasan tersebut masih ditutup untuk umum karena pandemi Covid-19 yang melanda Kota Seribu Sungai ini. 

Mirisnya, tak nampak satu pun petugas yang berjaga atau menindak pelanggaran protokol kesehatan (Prokes). 

Kepada hallobanua.com, salah seorang pedagang penjual soto dan nasi kuning di kawasan tersebut mengatakan, saat masa pandemi melanda, ia mengaku pendapatannya lumayan jauh berkurang. 

Akhirnya, ia pun membuka dagangan karena ia melihat banyak pengunjung yang datang ke Siring Piere Tendean. 

"Sudah sebulan saya berjualan. Tapi cuma hari Minggu saja," ucap pria yang tidak mau menyebut namanya itu. 

Saat disinggung apakah ada larangan dari pemerintah akan hal itu, ia mengungkapkan tidak pernah ditegur atau diminta ditutup oleh petugas. 

"Tidak ada yang melarang, tidak ada yang jaga juga. Makanya buka sampai siang jualan nasi, lontong dan sop ini," tuturnya. 

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin, Ikhsan Al hak menegaskan bahwa saat ini pihaknya sendiri belum memiliki rencana membuka kawasan Siring Piere Tendean. Namun, dengan adanya lapak pedagang, ia berjanji bakal menyampaikan kepada petugas terkait untuk hal penanganan dan penertiban, sekaligus pemberitahuan bahwa kawasan Siring Piere Tendean masih belum dibuka. 

"Tapi intinya, kalau area itu dipasangi pagar keliling dan tertutup, maka keamanan bisa lebih terkendali dan lebih efektif tanpa harus mengerahkan banyak petugas," tutupnya. 

Dari pantauam sekitar pukul 10.00 wita pagi tadi, kawasan Siring Pasar Terapung, Jl. Pierre Tendean terlihat ramai dengan kegiatan masyarakat serta para pedagang yang berjualan. 

Meskipun tali pembatas dan spanduk bertuliskan 'kawasan siring ditutup' masih terpasang, akan tetapi di lokasi tidak ada petugas dari Satpol PP maupun Dinas Perhubungan (Dishub) yang berjaga Rian/Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!