Mobil Laboratorium Keliling BPOM HSU Beraksi lagi

hallobanua.com. Amuntai – Untuk memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat, Mobil Laboratorium Keliling (MLK) kembali melakukan aksinya,. Kali ini MLK melaju ke Kabupaten tetangga, tepatnya di Kabupaten Tabalong, Rabu (17/3/21).

"Ada 2 Kecamatan yang akan kita datangi, Kecamatan Muara Uya dan Kecamatan Jaro," tutur Amir Rasyid petugas MLK BPOM HSU.

Sembari berkeliling di dua kecamatan tersebut, petugas BPOM HSU membeli 25 sampel pangan jajanan yang kemudian dilakukan pengujian sederhana menggunakan Rapid Test Kit di dalam MLK.

Sampel tersebut berupa sempolan, tahu, popcorn, gulali, dan berbagai macam kue tradisional. Hasilnya seluruh sampel terbukti memenuhi syarat dan tidak menggunakan zat berbahaya.

Petugas MLK BPOM HSU menjelaskan kepada para pedagang tentang penggunaan bahan berbahaya pada olahan makanan.

"Zat berbahaya kadang digunakan oleh oknum produsen nakal, agar produk olahannya menjadi lebih menarik, lebih tahan lama dan juga tentunya lebih ekonomis, sehingga menghasilkan keuntungan yang dirasa besar, namun dampak kesehatan yang ditimbulkan dari penggunaan bahan-bahan berbahaya tersebut sangatlah buruk bagi masyarakat yang mengkonsumsinya," jelas Amir.

Petugas MLK BPOM HSU juga mengajak kepada pedagang dan pengunjung di pasar tradisional untuk memperhatikan bahan pangan yang mengandung zat berbahaya.

"Jadilah konsumen dan penjual yang cerdas, selalu Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) pada produk yang dibeli dan dijual," pungkas Amir Rasyid petugas MLK BPOM HSU.

Putra/ Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar