Pemko Banjarmasin Tidak Izinkan Pasar Wadai Ramadhan Secara Langsung

 
Foto Ist

hallobanua.com, Banjarmasin -Berdasarkan hasil rapat pembahasan pelaksanaan kegiatan Pasar Wadai Ramadhan 1442 H,  diputuskan tahun ini kegiatan Pasar Wadai Ramadhan tidak diizinkan untuk digelar secara langsung. 

Rapat yang dipimpin langsung oleh Plh Walikota Banjarmasin, H Mukhyar beserta jajaran, dan dihadiri paguyuban Pasar Wadai Kota Banjarmasin, itu juga dievaluasi kembali kegiatan Pasar Wadai Ramadhan online. 

Pelaksanaan pasar ramadhan secara online yang sudah dilaksanakan pada tahun 2020 lalu, dikeluhan para pedagang. 

Pasalnya, biasa menjual makanan secara langsung, berganti dengan cara online. Padahal, banyak dari pedagang yang tidak mengerti teknologi. 

Hal inilah yang mendasari Paguyuban Pasar Wadai Kota Banjarmasin membuka diskusi dengan Pemerintah Kota Banjarmasin, mengenai kegiatan yang biasa setiap tahun dilaksanakannya. 

Dalam rapat yang diikuti juga oleh Dinas Kesehatan karena mengingatkan, kondisi pandemi yang masih melanda Kota Banjarmasin, ikut menjadi pertimbangan, mengingat kegiatan pasar ramadhan ini melibatkan kerumunan masyarakat. 

Menurut Mukhyar, yang perlu diperhatikan ialah Protokol Kesehatan (Prokes) di masyarakat, karena semua kegiatan ini dipantau oleh satgas atau petugas-petugas hukum. 

"Jadi banyak pertimbangan yang harus diperhatikan, diantaranya masih terjadinya kondisi pandemi covid-19, bahkan semua kegiatan Pemko pasti dibatasi dan fasilitas Pemko juga masih banyak yang tidak dijalankan," tuturnya. 

Untuk itu, Pemko pun mengambil langkah untuk tidak mengizinkan kegiatan Pasar Ramadhan dilaksanakan secara langsung. 

H Mukhyar berharap para pedagang paham dengan apa yang terjadi saat ini dan bisa menerimanya dengan lapang dada. 

“Mudah-mudahan keputusan ini bisa kita terima dengan lapang dada pada pada intinya kami tidak mau menyakiti bapak/ibu sekalian karena seperti apapun juga bapak/ibu ini warga kami, ” pungkasnya. 

Penjual wadai dadakan juga tidak luput dari perhatian Pemerintah Kota Banjarmasin, hal ini akan didiskusikan dengan kecamatan dan kelurahan terkait cara memberikan edukasi kepada masyarakat yang hendak berjualan. 

Penulis : Rian Akhmad/ Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!