Pemprov Kalsel Canangkan Program Vaksinasi Covid-19


hallobanua.com, Banjarmasin – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar kegiatan pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi lansia, DPRD, TNI, Polri, Kejaksaan Tinggi, Wartawan PGRI, tokoh agama dan tokoh masyarakat, Rabu (3/3/21).

Bertempat di Mahligai Pancasila Banjarmasin, kegiatan ini dihadiri oleh Pj Gubernur Kalsel; Safrizal, Kapolda Kalsel; Irjen Pol Rikwanto, Danrem 101 Antasari; Brigjen TNI Firmansyah dan sejumlah pejabat di lingkup Pemprov Kalsel.

Turut hadir pula sejumlah tokoh agama seperti Wakil Ketua MUI Kalsel; Prof. Dr. H. Hafiz Anshari, Guru Wildan, perwakilan PWNU Kalsel, perwakilan PW Muhammadiyah Kalsel dan turut hadir pula tokoh pers senior Kalsel; Gusti Rusdi Effendi yang dalam kegiatan ini juga melakukan vaksinasi.

Ditemui usai kegiatan, Pj Gubernur Kalsel, Safrizal menyampaikan ke awak media bahwa kegiatan ini  merupakan hasil dari kolaborasi dari  semua pihak.

“Kegiatan ini adalah bentuk kolaborasi dan kerjasama dari semua pihak, antara pemerintah, TNI-Polri, tenaga medis, Ulama, dan tokoh pers yang menyatakan bahwa Kalimantan Selatan siap untuk divaksinasi secepat-cepatnya,” katanya.

Dijelaskannya, vaksinasi kali ini merupakan vaksinasi tahap kedua yang diberikan kepada masyarakat umum khususnya lansia.

“Ini sudah tahap kedua untuk masyarakat umum, tapi untuk orang tua dulu karena paling rentan. Kemudian pers, TNI-Polri, guru-guru juga ada sebagian. Setelah ini saya juga akan mengeluarkan surat edaran kepada walikota/bupati untuk juga memulai seperti ini, melakukan vaksinasi dalam skala besar agar jatah vaksin kita segera habis,” lanjutnya.

Ditambahkannya, Banjarmasin menjadi daerah yang paling banyak menerima jatah vaksin, mengingat jumlah penduduknya yang paling banyak dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Kalsel.

“Terakhir kita mendapat kiriman sebanyak 69.000 dosis, sebagian sudah kita kirimkan ke kabupaten/kota. Dan Banjarmasin menjadi yang paling banyak menerima, karena penduduknya yang  paling banyak,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua MUI Kalsel, Prof. Dr. H. Hafiz Anshari mengatakan bahwa vaksin Covid-19 ini sama saja dengan vaksin lainnya.

“Tidak terasa apa-apa, sama saja seperti vaksin yang lain. Kita kan waktu mau umroh divaksin juga, vaksin meningitis dan vaksin influenza,” katanya.

Ketua KPU RI periode 2007-2012 itu juga menghimbau kepada masyarakat agar jangan takut untuk divaksin.

“Kita menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut (vaksinasi). Dari sudut agama, vaksinasi adalah ibadah, karena ini salah satu cara untuk menghindari penyakit. Jadi tidak perlu takut untuk divaksin. Apalagi MUI sudah jelas menyatakan bahwa vaksin ini suci dan halal, jadi tidak hanya halan tetapi suci juga,” pungkasnya

Akim/Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!