Pemungutan Suara Ulang (PSU) Dijadwalkan oleh KPU Banjarmasin pada 28 April 2021


hallobanua.com, Banjarmasin - Hasil Mahkamah Konstitusi (MK) RI yang memutuskan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada sengketa Pemilihan Walikota Banjarmasin 2020 lalu, KPU Kota Banjarmasin menjadwalkan PSU akan dilaksanakan pada pada 28 April 2021 mendatang.

Menurut Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Banjarmasin, Syafruddin Akbar, berdasarkan putusan MK, KPU Banjarmasin diminta melaksanakan PSU di tiga kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Yakni Kelurahan Mantuil, Murung Raya dan Basirih Selatan maksimal selama 30 hari kerja setelah putusan dibacakan. 

"Untuk sementara berdasarkan hasil rapat internal KPU Banjarmasin, Kamis kemarin, PSU di tiga kelurahan dilaksanakan pada 28 April 2021. Dan kalau berdasarkan putusan MK, maka hari terakhir pelaksanaan PSU pada 3 Mei 2021," katanya, kepada hallobanua.com, Jumat (26/03/21). 

Dijelaskannya lagi, bahwa KPU Banjarmasin akan segera menyampaikan hasil rapat internal ke KPU Kalimantan Selatan dan juga KPU RI, terkait jadwal PSU tersebut.

Akbar turut menuturkan, bahwa pihaknya akan membuat rancangan tahapan PSU, mulai dari perekrutan badan ad hoc seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 

"Kami sedang menyusun rancangan tahapan PSU di tiga kelurahan. Mudah-mudahan Senin sudah keluar jadwal tahapannya," tuturnya. 

Disinggung mengenai logistik, pihaknya akan menyiapkan surat suara sejumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di tiga kelurahan tersebut, ditambah 2,5 persen. 

"DPT disana ada sekitar 29 ribu lebih. Namun kita masih punya sisa surat suara pada saat pencoblosan 9 Desember 2020 lalu sekitar 2.000," tutup Akbar. 

Rian Akhmad/ Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!