Puskesmas Pelambuan Laksanakan Vaksinasi dengan Cara Jemput Bola Ke Lansia

hallobanua.com, Banjarmasin - Vaksinasi tahap 2 yang difokuskan untuk Lanjut Usia (lansia) di Kota Banjarmasin, terus berlangsung. 

Kali ini, Puskesmas Pelambuan laksanakan vaksinasi di Komplek Grawiratama RT. 39 RW. 03 Kelurahan Belitung Selatan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Sabtu, (06/03/21). 

"Vaksinasi ini kita laksanakan mulai dari pukul 09.00 Wita tadi, diikuti 4 RT diwilayah ini," kata Kepala Puskesmas Pelambuan, Taufik Rahman, Sabtu, (06/03/21). 

Sebelumnya, pihaknya sudah melaksanakan sosialisasi  vaksinasi Covid-19 tersebut terhadap lansia. 

Ia mengungkapkan, dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut, terdaftar sebanyak 37 lansia yang dapat divasksin, 2 orang yang vaksinasinya tertunda dan 2 orang yang tidak dapat menerima vaksinasi dengan alasan penyakit komorbid. 

"Yang ditunda itu biasa karena ada darah tinggi, kemudian ada gula darah serta faktor lain. Penundaan ini kita akan terapi dulu dan sembuhkan dan kita jadwalkan lagi dilain waktu. Sedangkan 2 tidak bisa divaksin karena adanya penyakit bawaan seperti penderita kanker dan gagal ginjal," katanya. 

Taufik Juga mengungkapkan, pelaksanaan vaksinasi langsung dilapangan tersebut dilaksakan pertama kalinya. 

"Pelaksanaan ini bukan yang pertama, sebelumnya kami juga laksanakan di Puskesmas. Namun yang dilapangan ini yang pertama. Jadi kita jemput bola ya untuk lansia," tuturnya. 

Tingginya antusias lansia membuat pihaknya sempat kekurangan dosis vaksin. Taufik pun sangat mengapresiasi antusias lansia tersebut. 

"Kita tadi menyediakan 3 vial untuk vaksin, tapi karena kurang, kita bawa lagi dari puskesmas. Kami sangat mengapresiasi antusias lansia disini untuk mendapat vaksinasi ini."

Taufik juga berharap, kepada lansia yang sudah melaksanakan vaksinasi, agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) meskipun sudah mendapatkan vaksin Covid-19 tersebut. 

"Kita juga menghimbau kepada lansia yang sudah divaksi agar tetap patuh dan disiplin menjalanlan protokol kesehatan. Serta yang belum vaksin, silakan hubungi puskesmas dimasing-masing tempat agar segera mendapatkan vaksinasi," pungkasnya. 

Sementara itu, salah seorang peserta vaksin Rahmadi mengungkapkan, adanya sosialisasi dari Puskesmas dan Kelurahan, membuatnya berniat melakukan vaksinasi. 

"Tahunya ada vaksin disini dari Kelurahan, pas juga memang saya minat untuk vaksin. Alhmdulillah setelah vaksin rasanya biasa aja," ucapnya. 

Warga Belitung Selatan tersebut juga berharap, dengan adanya vaksinasi ini setidaknya dapat mencegah penyebaran virus dari negara Wuhan tersebut. Rian/Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!