Simpang Empat Jl. Lambung Mangkurat Berwarna Merah, Ternyata Ini Fungsinya

hallobanua.com, Banjarmasin - Sedikit ada yang berbeda di kawasan simpang empat Jl. Lambung Mangkurat, tepatnya didepan Pos Polisi dan depan Hotel A Banjarmasin. 

Di jalan itu terlihat marka jalan berwarna merah menyala diketahui adalah Ruang Henti Kendaraan (RHK). 

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas (Lalin), Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin, Slamet Begjo mengungkapkan bahwa, marka jalan tersebut adalah tanda lalu lintas yang ada di atas permukaan jalan yang berfungsi untuk berhentinya kendaraan roda dua. 

"Ruang henti kendaraan tersebut peruntukannya untuk kendaraan roda dua pada saat lampu merah. Dibelakang tanda merah tersebut baru untuk roda 4 dan seterusnya," jelasnya, Selasa (02/03/21) siang. 

Ia juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya akan melakukan tahap sosialisasi kepada masyarakat pengguna jalan bersama pihak Satlantas Polresta Kota Banjarmasin. 

Foto Ist

"Penggunaan marka merah di persimpangan jalan itu akan dimulai 3 Maret, di 17 Maret nanti akan mulai diberlakukan," ungkapnya. 

Begjo juga mengungkapkan, pihaknya membuat RHK sebagai pilot project yakni ada di dua persimpangan dan tiga titik. 

"Sementara ada dua simpang dan 3 titik. Yakni Jl. Lambung Mangkurat dan satunya simpang tiga Jl Ayani Km. 6 menuju luar kota," tuturnya. 

Disamping itu, Begjo menekankan bahwa marka tersebut berbeda fungsinya dengan marka merah Zona Aman Sekolah. Walaupun marka jalannya sama berwarna merah 

"Kalau Zona Aman sekolah itu kan fungsinya untuk memberi peringatan kepada pengguna jalan agar mengurangi kecepatan laju kendaraannya ketika memasuki zona tersebut. Tapi kalau RHK ini fungsinya adalah tempat untuk kendaraan menghentikan kendaraan," paparnya. 

Karena itu, Ia berharap kedepannya masyarakat khususnya pengguna jalan bisa memahami penggunaan marka jalan dengan istilah RHK dan mematuhi aturan lalu lintas yang sudah ditetapkan. 

"Termasuk pemanfaatan marka RHK karena dalam waktu dekat akan diberlakukan penegakan hukum melalui E-Tilang atau ETLE (Elektronik Traffic Law Enforcemen) di lokasi simpang jalan yang dilengkapi RHK," Pungkasnya. 

Rian/Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!