TPS Pasar Kuripan Ikut Dibongkar Tutupi Aliran Sungai, Warga Bingung Membuang Sampah Kemana


hallobanua.com, Banjarmasin – Tidak hanya Jembatan Bangunan Gedung (JBG) yang dianggap menutup arus sungai , Tempat Pembuangan Sampah (TPS) depan Pasar Kuripan Jl Veteran Banjarmasin Timur, pun tak luput dari pembongkaran dari Satgas Normalisasi Sungai dan Penaggulangan Banjir (NSPB). TPS Pasar Kuripan itu terpaksa dibongkar, lantaran dianggap menutup aliran sungai Veteran.

Sontak,warga mengaku bingung harus membuang sampah kemana lagi, mengingat TPS itu menjadi buangan sampah dari pasar dan masyarakat di beberapa RT di Kelurahan Kuripan dan Sungai Bilu.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kota Banjarmasin, Marzuki mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mencari lokasi pengganti untuk dijadikan TPS. 

"Kalau memang itu terkena sungai, artinya pasti harus mencari tempat yang baru," ucapnya saat ditemui awak media di Lobby Gedung Balai Kota Banjarmasin, Kamis petang kemarin (04/03/21). 

Menurutnya, proses pencarian lokasi pengganti itu pasti dilakukan. Sehingga pelayanan yang diberikan pihaknya selaku SKPD yang menangani permasalahan sampah di Kota Banjarmasin ini tetap berjalan lancar. 

"Namanya juga penanganan pasca banjir, jadi perlu kesabaran untuk melakukan pembenahan. Termasuk kalau ada TPS kita yang harus dibongkar," imbuhnya. 

Pria yang biasa disapa Zeck tersebut mengungkapkan, adanya TPS yang dibongkar merupakan bentuk dukungan pihaknya kepada upaya normalisasi sungai yang saat ini tengah digencarkan oleh Pemko Banjarmasin. 

Ditambahkannya, meski sudah dilakukan pembongkaran, pihaknya masih mengizinkan warga untuk membuang sampahnya ke TPS Kuripan untuk sementara waktu. 

"Ya untuk sementara waktu begitulah keadaanya," ujarnya singkat. 
Pihaknya juga berencana  akan menempatkan petugas kebersihan, demi menghindari sampah yang masuk ke sungai dan meluber ke jalan ketika volume sampah yang masuk tidak sebanding dengan ruang penampungan di TPS yang sudah menyempit. 

"Nanti kan di lapangan ada petugas yang kita tugaskan untuk mengatur pola pengangkutan sampah di TPS itu dengan sedemikian rupa. Jangan sampai sampah di sana meluber ke jalan apalagi sampai masuk ke sungai yang ada di belakangnya," pungkasnya. 

Sementara itu, Abdullah, Ketua RT. 17 Gang Arif, Jl. Veteran Kelurahan Sungai Bilu pun meminta, agar Pemko Banjarmasin segera mencarikan TPS alternatif terdekat, sehingga warga tak terlalu jauh untuk membuang sampah. 

“Biasanya kan membuang sampah tiap pagi di TPS Kuripan. Kalau misalkan itu dipindah, otomatis agak sulit membuang sampah. Lebih jauh pastinya,” ungkapnya pria 64 tahun tersebut. 

Senada dengannya, Nurliyani (53) salah seorang pedagang di sekitar pasar Kuripan pun merasa, kalau TPS dipindah menurutnya akan membuat  kesultan jika warga sekitar  dan pedagang untuk membuang sampah. 

"Kalau kami ini sebenarnya sampah rumah tangga tidak banyak, tapi yang kasian itu sampah yang dipasar. Kasian orang pasar jauh membuangnya jadinya," tuturnya. Rian/Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!