10 Orang Warga Menyoblos di TPS yang Salah, Petugas KPPS 001 Basirih Selatan Kena Teguran Keras dari KPU

hallobanua.com, Banjarmasin – Proses Pemungutan Suara Ulang (PSU)  di TPS 001 Basirih Selatan sempat terjadi kegaduhan, lantaran ada beberapa orang warga yang seharusnya memilih di TPS yang sudah ditentukan, justru malah menyoblos di TPS 001.

Berdasarkan informasi di lapangan, sedikitnya terdapat 10 orang warga yang seharusnya menyoblos di TPS 007, malah memilih di TPS 001 di Kelurahan Basirih Selatan. 

“Ini kesalahan dari anak buah saya, tapi karena tadi pagi warga banyak sekali, bahkan ada diantara mereka yang ingin bekerja jadi meminta untuk menyoblos di TPS 001 padahal undangan mereka di TPS 007, tadi sudah ditegur KPU dan Bawaslu,” ujar Syamsir Alam, selaku Ketua KPPS 001 Basirih Selatan.

Dikatakan Syamsir, pihaknya menerima laporan dari RT 001 di Gg Amal dan Gg Keluarga, warganya diarahkan untuk menyoblos ke TPS 007.

“Karena kemungkinan terbagi dua itu, jadi ada miskomunikasi sementara warga tadi memaksa untuk tetap memilih di TPS 001 padahal di TPS 007, dan saat itu kami tidak sempat untuk memeriksa undangan, karena saking banyaknya warga yang dating berjubel ke TPS 001, ” timpal Syamsir.

Sementara itu, Ketua KPPS 007 Basirih Selatan, memastikan jika 10 orang warga tersebut, tidak memilih untuk dua kali.

“Jadi kecil kemungkinan tidak bisa memilih dua kali di 2 TPS itu sudah kita lakukan pemblokan, dan nanti akan kita selesaikan dengan berita acara.Dari 10 orang tadi belum menyoblos ke kita karena disini harus membawa undangan,” kata Ketua KPPS 007 Basirih Selatan.

Sementara itu, dari pantauan hallobanua.com, khususnya di TPS 01, terlihat sejumlah petugas baik dari KPU maupun Bawaslu serta petugas KPPS setempat, disibukkan dengan mencari tahu persoalan sebenarnya.

Setelah diketahui duduk persoalannya, pihak Bawaslu bahkan dipantau langsung dari Bawaslu RI,persoalan ini segera diselesaikan dengan membuat berita acara, agar persoalan kekeliuran warga datang menyoblos, tidak terulang kembali.


Berdasarkan pantauan hallobanua.com, hingga pukul 13.00 Wita,petugas KPPS di TPS 001 Basirih Selatan, telah melakukan proses penghitungan suara.

Hasilnya, dari 414 jumlah DPT, warga yang hadir 210 , diperoleh suara untuk paslon 01 berjumlah 4, paslon 02 31 suara dan paslon 3,  03 suara kemudian 165 untuk paslon 04. 

Tim Liputan/ Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!