29.824 Surat Suara untuk PSU Kota Banjarmasin Sudah Diterima KPU

hallobanua.com, Banjarmasin - Surat suara untuk Pemilihan Suara Ulang (PSU) di ajang Pilwali Kota Banjarmasin, telah tiba di Banjarmasin 

Surat suara tersebut dipersiapkan untuk pelaksanaan PSU di  3 Kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan, yakni Kelurahan Mantuil, Basirih Selatan dan Murung Raya pada 28 April 2021 mendatang. 

Diketahui, surat suara untuk PSU yang totalnya mencapai 29.824 lembar tersebut, sudah sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di 3 Kelurahan tersebut sebanyak 29.056, ditambah 2,5 persen. 

"Tadi malam (20/04/21) surat suara datang dari bandara dan kita simpan di gudang KPU. Kemudian pagi ini, (21/04/21) kita bawa ke gedung wanita untuk dilakukan penyortiran dan pelipatan," ujar Komisioner KPU Kota Banjarmasin, Taufikkurokhman. 

Diungkapkannya, tidak ada perbedaan isi dalam surat suara PSU dan dan Pemilu sebelumnya. Hanya saja yang membedakan ialah di bagian tanda tangan KPPS terdapat tulisan 'Pemilihan Ulang'. 

"Untuk desain didalamnya tidak berbeda dengan sebelumnya. Hanya saja pada bagian tanda tangan KPPS ada stempel Pemilihan Ulang. Kalau tidak ada tulisan itu maka tidak sah," bebernya. 

Pihaknya pun menargetkan, untuk proses penyortiran dan pelipatan suara akan selesai paling lambat pada Minggu (25/04/21) nanti. 

"Untuk 29 ribu lebih ini selesai pada hari Sabtu atau Minggu nanti. Ya paling lambat pada tanggal 25 April kita targetkan ini selesai," tuturnya. 

Ia juga mengatakan akan melibatkan kurang lebih 10 orang untuk proses pelipatan yang dibagi beberapa shift tersebut. 

"Untuk pagi ini kita melibatkan 10 orang petugas pelipat suara dulu. Nanti akan kita atur shiftnya lagi. Apakah akan dilakukan malam juga atau bagaimana," tambahnya. 

Jika ditemukan ada lembar surat suara yang berbeda maka akan dilakukan penyisihan oleh pihaknya, guna menghindari terjadinya kesalahan-kesalahan dalam PSU nanti. 

Jelang PSU nanti, berbagai persiapan terus dilakukan, mulai dari pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga Panitia Pemungutan Suara (PPS) pun telah terbentuk. 

Kedepannya, untuk logistik lainnya seperti kotak suara, tinta dan sebagainya akan segera menyusul dalam waktu dekat. 

"Untuk Pilgub pada bulan Juni itu logistiknya, masih proses. Kita masih belum dapat informasi kapan datang surat suara untuk Pilgub," tutup Taufik. 

Rian Akhmad/ Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!