Api Berkobar Gegerkan Warga Yang Sedang Tidur

hallobanua.com, Banjarmasin - Peristiwa kebakaran kembali terjadi, kali ini pemukiman warga di Jl. Saka Permai, Gg. Melati 1 / Gg. Muntazah I RT. 05 RW. 04, Kelurahan Belitung Selatan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kamis, (29/04/21) pagi sekitar pukul 09.00 wita. 

Dari data yang dihimpun tim hallobanua.com, api  menghanguskan 4 unit rumah dengan rincian 3 unit rumah rusak berat dan 1 unit rumah rusak sedang. 

Kasmiansyah, salah satu nggota BPK mengatakan, sebelumnya ia hanya melihat asap keluar dari salah satu bangunan rumah milik warga. 

Selang beberapa menit, kepulan asap hitam mulai membungbung tinggi hingga membuat pihaknya langsung menuju ke Tempat Kejadian Musibah (TKM) 

"Asap itu dari belakang rumah sini, selang beberapa menit menghitam dan api membesar cukup cepat," ucapnya kepada hallobanua.com, Kamis, 29/04/21. 

Dikarena lokasi pemukiman yang cukup padat, membuat api begitu cepat merambah bangunan disekitarnya. 

"Disini hampir dempet bangunannya, karena juga disini banyak bangunan kayu," katanya. 

Petugas pemadam kebakaran sempat terkendala memadamkan api, lantaran jaringan PLN belum dimatikan. 

"Kendalanya cuma karena listrik aja masih hidup, jadi kami takut untuk menyemprot. Kalau untuk sumber air semua aman," pungkasnya. 

Sementara itu, Satria salah seorang warga Jl. Bali gang Telerama RT. 08 mengungkapkan, api berkobar dari rumah dibagian belakang yang membuat sebagian rumahnya ikut terbakar. 

"Kalau di rumah kami ini sebagian yang kena, kamar 3 buah sama loteng dan dapur yang terbakar. Posisi api dari belakang," tuturnya. 

Satria mengaku, pada saat kebakaran ia bersama  keluarga sedang dirumah tidur, setelah api berkobar, ia langsung berusaha menyelamatkan surat-surat di rumahnya. 

"Tahu-tahu ada api, kaget kan? Selang 10 menit itu sudah besar dan asap masuk rumah, jadi langsung selamatkan surat-surat tadi,"ujarnya. 

Meski begitu, ia masih bersyukur rumahnya tidak sampai habis terbakar, dan mengucapkan terima kasih lepada Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Kota Banjarmasin yang sigap memadamkan api. 

"Tapi untung BPK Kota Banjarmasin sigap, jadi rumah saya hanya sebagian yang kena," tutupnya. 

Sampai saat ini penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak kepolisian. Menurut informasi kebakaran bukan hanya melanda kawasan Jl. Saka Permai Gg. Muntazah 1  RT.05 RW.04 Kel. Belitung Selatan Kec. Banjarmasin Barat, tapi juga turt mengenai rumah waga Jl. Simpang Bali Gg. Muntazah 2 RT.02 Kel. Antasan Besar Kec. Banjarmasin Tengah serta Jl. S.Parman Gg. H. Kaderi RT. 02 Kel. Belitung Selatan Kec. Banjarmasin Barat. 

Rian Akhmad/ Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!