Dugaan Politik Uang Jelang PSU, Bawaslu Berjanji Menindaklanjutinya Bersama Sentra Gakkumdu

Subhani Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Banjarmasin

hallobanua.com, Banjarmasin – Terkait laporan adanya dugaan telah terjadi politik uang menjelang pelaksaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dari Tim Hukum paslon 02, pihak Bawaslu Kota Banjarmasin berjanji akan menindaklanjutinya sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku Pihak Bawaslu Kota Banjarmasin,bersama sentral gakkumdu terdiri dari kepolisian da kejaksaan telah menerima laporan dugaan politik uang tindak pidana pemilihan undang-undang 10 tahun 2016 pasal 187 a.

Atas laporan tersebut, pihak Bawaslu Kota Banjarmasin akan melakukan beberapa tahapan penindakan, seperti tahap awal melakukan proses kajian terlebih dahulu untuk membahas persyaratan formil apakah bisa terpenuhi.

“Kita sudah terima uraian kejadian yang telah disampaikan , setelah itu nantinya kalau syarat formil materiil serta jenis pelanggaran yang sudah terpenuhi, maka kami akan register dan langsung melakukan penindakan pelanggaran,” ungkap Subhani Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Banjarmasin.

Sementara itu, terkait pembagian undangan disertai dengan pemberian uang yang diduga dilakukan oleh oknum KPPS, itu juga akan menjadi atensi bersama.

“Persoalan oknum KPPS itu juga akan kita bahas juga kalau pun malam ini unsur itu terpenuhi, kita akan merekomendasikannya ke KPU terkait pelanggaran administratifnya untuk dilakukan proses kode etik,” kata Subhani.

Ditambahkannya, semua masyarakat memiliki hak untuk melapor jika terjadi dugaan pelanggaran, dan pihaknya akan menerima laporan tersebut.

Sementara itu, terkait akan dilaksanakannya PSU, pihak Bawaslu meningkatkan pengawasan di lapangan.

“Apa yang menjadi keputusan di MK akan menjadi perhatian serius dari kami, kita berharap kepada seluruh peserta agar tetap mematuhi aturan aturan PSU hingga berjalan kondusif dan lancar sesuai aturan,” pungkas Subhani.

Tim Liputan/ Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!