Kelompok Tani di Kotabaru Didorong Kembangkan Lahan Pekarangan Menjadi Sumber Pangan Berkelanjutan


hallobanua.com, Kotabaru - Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kotabaru Akhmad Rivai, menggelar sosialisasi kepada Kelompok Wanita Tani di Desa Batuah Kecamatan Pamukan Barat,  belum lama tadi. 

Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang didanai melalui DAK Nonfisik Dana Ketahanan Pangan dan Pertanian Tahun Anggaran 2021 itu,  bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan yang beragam bergizi seimbang di tingkat rumah tangga dan peningkatan pendapatan rumah tangga. 

"P2L ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang secara bersama-sama mengusahakan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara  berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, pemanfaatan, dan pendapatan," jelasnya. 

Adapun kegiatannya, lanjut Rivai, meliputi pengadaan sarana pembibitan, pengembangan pendampingan dan pelatihan demplot, kegiatan pertanaman, kegiatan pasca panen, serta subkegiatan operasional dengan cakupan pendampingan Calon Petani dan Calon Lokasi, pelatihan tematik, pengawalan, monitoring dan pelaporan. 
"Pelaksanaannya memiliki perjanjian kerja sama pemanfaatan dana tersebut antara KPA/PPK Dinas Ketahanan Pangan dengan Ketua Kelompok, dan menandatangani Pakta Integritas Kelompok yang menyatakan diantaranya mengelola dan memanfaatkan dana belanja bantuan pemerintah dengan baik dan benar sesuai ketentuan yang ada serta membuat administrasi keuangan dengan baik dan benar," kata Rivai 

Rivai juga menyebutkan, Kelompok Wanita Tani yang menerima manfaat Dana Ketahanan Pangan dan Pertanian  kegiatan P2L Tahun 2021 ada 2 Desa yaitu Kelompok Wanita Tani Sri Membangun Desa Langkang Lama Kecamatan Pulau Laut Timur dan Kelompok Wanita Tani Jaya Bersama Desa Batuah Kecamatan Pamukan Barat,  masing-masing memperoleh dana sebesar Rp.55 juta. 

Heri/ Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!