KPU Mulai Lakukan Rekapitulasi Tingkat Kecamatan

hallobanua.com, Banjarmasin - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, mulai melakukan proses rekapitulasi atau perhitungan suara ditingkat Kecamatan, Kamis, (29/04/21). 

Pelaksanaan penghitungan atau rekapitulasi tersebut dilaksanakan usai dilaksanakannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 3 kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan, pada Rabu 28 April 2021 kemarin.

Ketua  KPU Kota Banjarmasin, Rahmiati Wahdah mengatakan, rekapitulasi suara ini dilakukan berjenjang.

"Kemaren penghitungan ditingkat TPS, untuk hari ini kita melaksanakan rekap ditingkat Kecamatan," ujarnya kepada hallobanua.com, Kamis, (29/04/21) siang. 

Dilanjutkan Rahmi, pihaknya mengungkapkan, tidak ada hasil sementara untuk PSU, dikarenaka   proses rekapitulasi suara akan diketahui hasil murninya usai dari rekapitulasi tingkatan TPS sampai rekapitulasi tingkat kota. 

"Kita mulai rekapitulasi 3 Kelurahan mulai pukul 14.00 wita untuk proses rekapitulasi tingkat Kecamatan. Dan rencananya di hari Sabtu kita akan rekap ditingkat Kota Banjarmasin," timpal Rahmi. 

"Setelah ini kita akan melihat hasil 3 Kelurahan tersebut. Karena satu Kecamatan saja,"sambungnya. 

Rencananya rekapitulasi tingkat kecamatan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 29 April sampai sampai 30 April 2021. Adapun untuk teknis waktunya ujar Rahmi pihaknya masih akan menentukan. 

"Rekapitulasi ini dari jadwal itu 2 hari. Tapi karena ini bulan ramadan, jadi tekhnis durasinya masih belum kita tentukan. Paling lambat pastinya 2 hari selesai,"tuturnya. 

Terkait hasil Quick Count (QC) atau hitung cepat yang dikeluarkan Pasangan Calon (Paslon) yang mengklaim kemenangan, ujar Rahmi, pihaknya sebagai penyelenggara hanya menetapkan hasil suara tersebut dari perhitungan pertingkatan tadi. 

"Intinya kita tetap menunggu rekap di TPS berapa, di Kecamatan berapa dan di Kota berapa. Jadi kita tidak bisa tentukan dulu sebelum itu," ungkapnya. 

Diketahui, proses rekapitulasi tingkat kecamatan tersebut bakal dilaksanakan berurutan satu per satu kelurahan yang melaksanakan PSU, yakni Kelurahan Mantu, Basirih Selatan dan Murung Raya. 

Sedangkan Rekapitulasi tingkat Kota Banjarmasin dijadwalkan dari tanggal 1 Mei sampai 3 Mei 2021 dan dilanjutkan dengan penetapan pasangan calon terpilih jika selama 5 hari kedepan tidak ada gugatan. 

Rian Akhmad/ Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!