KPU Terima dan Temukan Surat Suara Lebih Maupun Rusak Dimusnahkan Sebelum PSU Dilaksanakan


hallobanua.com, Banjarmasin - Surat suara beserta logistik Pemilihan Suara Ulang (PSU) lainnya sudah mulai didistribusikan ke Kecamatan Banjarmasin Selatan dan akan dibagi ke 3 kelurahan yang menjadi tempat pelaksanaan PSU, Senin, (26/04/21) tadi malam. 

Namun,  dalam proses penyortiran sekaligus pelipatan surat suara untuk PSU Pilwali Banjarmasin 2020 di Gedung Wanita Banjarmasin sebelumnya, diketahui jumlah surat suara yang diterima justru berlebih dari jumlah yang diperlukan, bahkan juga ada urat suara yang rusak. 

Sekretaris KPU Banjarmasin, Husni Thamrin pun membenarkan bahwa pihaknya menemukan dan menerima ratusan surat suara berlebih baik dalam kondisi baik maupun rusak. 

"Iya. Setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara, ternyata ada berlebih. Mungkin dari percetakannya mencetak berlebih. Jumlah surat suara yang lebih dan dalam kondisi baik sebanyak 236, kemudian yang rusak jumlahnya ada 12. Jadi totalnya 248 yang lebih, dan sudah termasuk yang rusak," ujar Husni, Senin, 26/04/21. 

Adapun surat suara yang berlebih, ujar Husni, pihaknya pun akan memusnahkan surat suara tersebut, sama seperti Pilwali Banjarmasin 2020 lalu. 

"Akan kita musnahkan karena tidak terpakai, dan jumlah surat suara sudah terpenuhi. Minimal H-1 sebelum PSU dilaksanakan akan kita musnahkan," pungkasnya. 

Diketahui, jumlah surat suara dalam pelaksanaan PSU yang dilaksanakan di 3 Kelurahan yakni Mantuil, Murung Raya dan Basirih Selatan, sudah sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) saat Pilwali Banjarmasin 2020 yang dilaksanakan pada 9 Desember 2020 lalu yakni sebanyak 29.056. 

Kemudian jumlah tersebut ditambah dengan surat suara cadangan sebesar 2,5 persen per Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang jumlahnya mencapai 80 TPS. 

Dari jumlah tersebut maka total surat suara yang akan digunakan sebanyak 39.824 untuk 3 kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Barat tersebut. 

Rian Akhmad/ Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!