Menggunakan Perahu Bermesin, KPU Distribusi Logistik PSU ke Pulau Bromo

hallobanua.com, Banjarmasin - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin melakukan pendistribusian logistik Pemungutan Suara Ulang (PSU) ajang Pilwali 2020 Kota Banjarmasin, ke Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan pada Senin, (26/04/21) malam tadi. 

Selanjutnya, dari Kecamatan, petugas langsung menyerahkan logistik ke 3 Kelurahan yang akan melaksanakan PSU, yakni Kelurahan Mantuil, Murung Raya dan Basirih Selatan. 

Dari pantauan langsung hallobanua.com di Kelurahan Mantuil, distribusi logistik berupa kotak suara, surat suara, bilik suara serta logistik lain langsung dibawa dari Kantor Kelurahan Mantuil dengan penjagaan ketat oleh petugas kepolisian, menuju dermaga penyeberangan, Selasa, (27/04/21) siang. 

KPU membawa logistik ke Kawasan Pulau Bromo Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan, dilakukan dengan menggunakan perahu bermesin (Kelotok) 

Kepada hallobanua.com, Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Mantuil, Jumilah mengatakan, dengan dikawal kepolisian, logistik disalurkan ke 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di kawasan Pulau Bromo. 

"Kita disrtribusikan logistik ini ke Pulau Bromo melalui jalur sungai ke 4 Rukun Tetangga (RT) yakni, RT. 4, 5, 6 dan 7. Dan dan terdapat 4 TPS. Yakni TPS 7, 8, 9, dan 10," ucapnya, Selasa, (27/04/21).

Adapun kesulitan saat pendistribusian ujarnya hanya pada alat transportasi serta pasang surut air sungai. 

"Kalau kendala melalui sungai ini kadang adalah air yang surut. Kalau air surut itu kendalanya susah mendistribusikan logistiknya naik keatas dermaga itu," ujarnya.

Tidak hanya itu, meski akses Jembatan Bromo sudah ada, namun karena logistik yang banyak, pihaknya pun mengalihkan menuju jalur sungai. 

"Karena kita tidak bisa melewati jembatan Bromo kan menggunakan kendaraan seperti mobil. Jadi kita menggunakan perahu aja jalur sungai dan harus didampingin petugas kepolisian," pungkasnya.

Diketahui, di Kawasan Pulau Bromo memiliki 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 3000-an Untuk Pulau Bromo, Tanjung Pandan dan Ujung Banteng. 

Sedangkan untuk Kelurahan Mantuil sendiri total TPS yakni sebanyak 29 dengan jumlah RT sebanyak 26. Dan DPT sebanyak 9.807 dengan rincian laki-laki sebanyak 5.012 dan perempuan sebanyak 4.067. 

Rian Akhmad/ Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!