Pelabuhan Penumpang Trisakti, Siapkan Alat GeNose C19 untuk Penumpang Kapal

Pelabuhan Trisakti sediakan layanan GeNose C19 kepada penumpang kapal

hallobanua.com, Banjarmasin - Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Trisakti  Banjarmasin, menguji coba layanan GeNose C 19  bagi penumpang kapal laut, di Terminal Penumpang Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Jum'at, (23/04/21). 

Dari pantauan, terlihat beberapa penumpang kapal laut yang akan bertolak ke pulau Jawa, melakukan tes GeNose C19 ditempat. 

Bagi calon penumpang akan melalui 3 proses tahapan umum dalam pengaplikasian GeNose C19,  pertama calon penumpang mendaftarkan diri kepada petugas dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). 

Yang kedua, calon penumpang akan melakukan pembayaran di kasir sebesar Rp Rp. 30 ribu, kemudian akan diberikan breathing bag di mana ia harus meniupnya secara mandiri. 

Setelah itu, udara yang ditampung di breathing bag, nantinya yang akan digunakan untuk dicek di mesin GeNose C19 tersebut. 

Terakhir, hasil dari tes tersebut akan bisa diterima dengan durasi waktu sekitar 3 menit. 

Andika, salah seorang calon penumpang kapal tujuan Surabaya langsung mendaftarkan dirinya tak lama setelah penggunaan mesin GeNose C19 tersebut resmi diluncurkan pihak pelabuhan. 

Dirinya mengaku tak keberatan dengan adanya tes GeNose C-19 di pelabuhan Trisakti. 

"Dengan harga Rp. 30 ribu, ini lebih murah dibandingkan melakukan swab test yang biayanya tentu lebih mahal," ungkap Andika. 

Ia juga menilai, tes GeNose C19 ini juga lebih praktis pengaplikasiannya dibandingkan dengan swab test atau PCR. 

"Daripada swab kan, ditusuk dihidung. Agak takut juga, jadi kalau pakai alat ini (GeNose C19) lebih praktis," pungkasnya. 

Sementara itu, Regional Manager SDM dan Umum PT Pelindo Regional Kalselteng, Wahyu Eko Yulianto memaparkan, penyediaan alat GeNose C19 tersebut merupakan dukungan pihaknya untuk menjalankan peraturan dari pemerintah dan berpartisipasi dalam langkah memutus penyebaran virus corona di Indonesia. 

"Harapannya dengan adanya pemeriksaan di terminal penumpang, kami pastikan mereka yang masuk ke kapal sudah negatif dari Covid-19,"ucap Wahyu, Jum'at, (23/04/21). 

Wahyu menambahkan, pihak Pelindo III telah menyediakan sebanyak 2 unit mesin GeNose C19 untuk mendukung oprasional dipelabuhan mulai pukul 13.00 hingga 20.00 Wita. 

"Kita punya alat 2 unit. Dalam satu hari, kami punya target 200 kantong yang bisa digunakan," katanya. 

Meski begitu, sebelum melakukan tes GeNose ini, katabWahyu, para penumpang dihimbau untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman dahulu. 

"Jadi karena sensitifitas alat ini, maka sebaiknya tidak mengonsumsi makanan/minuman baunya terlalu menyengat. Supaya tidak menganggu sensitifitas alatnya," jelas Wahyu. 

Berdasarkan Standart Oprational Procedure (SOP), jika seseorang yang telah melakukan tes GeNose C19 kemudian terdeteksi Covid-19, maka pihak pelabuhan akan mengarahkannya ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Rian Akhmad/ Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!