Pelabuhan Trisakti Masih Operasikan Kapal Penumpang Hingga 30 April.

Wahyu Eko Yulianto, Manajer SDM dan Umum PT Pelindo III Kalselteng

hallobanua.com, Banjarmasin - Pemerintah pusat resmi mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 13 tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 1442 Hijriah. 

Di Banjarmasin sendiri pemerintah memberlakukan larangan mudik jelang momen Idul Fitri atau Lebaran 2021 terhitung sejak 6 Mei sampai 17 Mei 2021. 

Namun, sebelum pemberlakuan larangan mudik pada 6 Mei mendatang,  hingga hari ini, (24/04/21), kapal pemumpang yang ada di Pelabuhan Trisakti  Banjarmasin  masih beroperasi. 

Kepada hallobanua.com, Manajer SDM dan Umum PT Pelindo III Regional Kalselteng, Wahyu Eko Yulianto mengatakan bahwa sebelum tanggal 6 Mei, kapal pengangkut penumpang masih bisa beraktivitas alias berjalan seperti biasanya. 

"Ya, hari ini masih ada kapal penumpang yang masuk," ujarnya, Jum'at, (23/04/21 siang usai launching GeNose C19 di Terminal Penumpang Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. 

Tidak itu, Wahyu mengungkapkan sedikitnya ada 9 buah kapal penumpang yang dijadwalkan beroperasi mulai hari ini Sabtu (24/04/21) hingga 30 April mendatang. 

Meski begitu, pihaknya mengaku pada tanggal 6 Mei mendatang akan menghentikan pengoperasian kapal penumpang, demi mendukung kebijakan dari pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19. 

"Hanya kapal pengangkut barang atau logistik yang akan tetap berjalan. Kapal angkutan penumpang, itu tidak lagi," jelasnya. 

Sementara itu, Andhika salah seorang calon penumpang kapal, ketika ditanya terkait adanya larangan mudik, ia hanya berharap pemerintah agar  menghilangkan larangan tersebut. 

Sebab menurutnya dengan adanya alat GeNose C19 tersebut pun, sudah cukup untuk pemerintah mengantisipasi para pemudik yang terjangkit Covid-19. 

"Solusinya, lebih baik letakkan saja GeNose C19 ini di tiap pos yang dilewati pemudik. Atau di tempat yang ada kerumunan. Jadi, bisa diketahui pemudik mana yang positif Covid-19 atau yang tidak," pungkasnya. 

Rian Akhmad/ Yayan


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!