Pemilik Kebun Plasma Laporkan Pengurus Koperasi Sipatuo Sejahtera ke Polisi, Tuntut Pertanggungjawaban Potongan Iuran

hallobanua.com, Kotabaru – Sejumlah perwakilan masyarakat pemilik kebun plasma di Kecamatan Pulau Laut Barat Kotabaru, melaporkan Koperasi Sipatuo Sejahtera ke Polres Kotabaru, lantaran dituding tidak ada pertanggungjawaban dari pengurus koperasi atas potongan iuran wajib para anggotanya, Senin (26/4/21).

Sebelumnya, koperasi Sipatuo Sejahtera mengelola kebun plasma milik masyarakat yang dibuka oleh salah satu perusahaan kelapa sawit di Kotabaru.

Namun, seiring berjalan waktu, para anggota tidak pernah menerima laporan dan pertanggungjawaban dari pengurus, terkait potongan iuran wajib sebesar Rp. 5.000 per bulan.

“Sudah bertahun-tahun potongan iuran wajib dari kami tidak ada kejelasan dikemanakan dananya, maka dari itu kami melaporkannya Polres Kotabaru, paling tidak kami mendapat laporan dan pertanggungjawaban dari para pengurus,’ ujar Muhammad Yandi, salah seorang anggota koperasi asal Lontar Selatan.

Menurut Yandi, semestinya potongan iuran tersebut dikembalikan ke anggota. Namun, sayangnya sesal yandi malah sampai saat ini tidak ada laporan dan pertanggungjawaban dari pengurus kepada para anggotanya.

Ditambahkannya, masyarakat atau petani juga kecewa,  kenapa tim lawyer justru membela Koperasi Sipatuo Sejahtera yang pengurusnya dinilai anggota bermasalah.

"Apanya koperasi itu yang mau dibela, sedangkan pengurus dan pengelolaannya tidak jelas. Karena tidak jelas, dan tidak percaya dengan Koperasi Sipatuo Sejahtera, masyarakat pemilik kebun plasma meyerahkan pengelolaannya kepada masing-masing desa yang mempunyai plasma untuk mengelolanya," tukas Yandi.

Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin, melalui Kasat Reskrim Abdul Jalil, saat  dikonfirmasi melalui Via WhatsApp, terkait laporan dari warga petani kebun plasma, belum bisa memberikan keterangannya, lantaran yang bersangkutan masih berada dalam perjalanan.

"Saya lagi di pesawat, nanti sampai Kotabaru saya kabarin ya," singkat Jalil.

Heri/ Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!