Pohon di Jalan A. Yani Mengering, Ini Penjelasan DLH


hallobanua.com, Banjarmasin - Lebih sepekan sudah Kota Banjarmasin dilanda cuaca terik menyengat. 

Akibatnya, puluhan batang pohon jenis Angsana yang ada di median Jalan A Yani, Km. 4,5 Kota Banjarmasin terlihat mengering. 

Dari pantauam hallobanua.com di lapangan,  kondisi mengeringnya pepohonan tersebut, bukan karena tidak disiram, melainkan cuaca panas. 

Rimbunnya dedaunan pohon pun terlihat mengering berwarna kekuningan, bahkan berjatuhan disebagian jalan. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Mukhyar mengatakan, kondisi itu terjadi memang karena saat ini cuaca terik yang melanda Kota Seribu Sungai ini. 

"Dari laporan yang masuk, pohon yang kering ini terjadi di sepanjang Jalan A Yani mulai kilometer 4 sampai 6," ucapnya. 

Selain cuaca panas yang terjadi dalam sepekan terakhir, menurut Mukhyar, penyebab mengeringnya pohon tersebut juga dikarenakan sempitnya media tanam dari pohon tersebut. 

"Media tanamnya karena terlalu sempit itulah proses pembahasannya terganggu. Kemudian ditambah panasnya terik matahari," ujarnya. 

Menyikapi kondisi tersebut, pihaknya pun mengaku sudah menginstruksikan petugas DLH untuk lebih menambah intensitas penyiraman. Khusus bagi pohon yang berada dikawasan sepanjang Jalan A Yani. 

"Beberapa hari kebelakang penyiraman sudah kami tambah jadi 3 kali, yaitu pada malam, subuh setelah sahur ditambah sekali lagi penyiraman di pagi hari," jelasnya. 

Kemudian, agar bisa menjaga kelembaban media tanam, mulai hari ini, Sabtu (24/04/21) tadi, pihaknya kembali menambah intensitas penyiraman yakni di sore hari. 

"Jadi satu hari pohon di kawasan A yani diberi empat kali penyiraman," ujar Mukhyar. 

Mukhyar menjamin, kondisi tersebut tidak sampai membuat pohon Angsana mati. Selain itu jenis pohon itu sendiri diakuinya memang tidak tahan dengan cuaca panas. 

Terkait median jalan yang sempit, pihaknya akan mengupayakan berkoordinasi dengan pihak terkait yang bertanggung jawab untuk penanganan wilayah Jalan A Yani, Banjarmasin. 

"Pasti akan kita koordinasikan. Karena juga ada sebagian trotoar di tengah jalan raya yang rusak. Jadi sekaligus kita meminta aga diperlebar untuk media tanamnya," tutup Mukhyar. 

Rian Akhmad/ Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!