PP Sudah Diteken Jokowi, Pencairan THR ASN di Banjarmasin Masih Menunggu Juknis

hallobanua.com, Banjarmasin - Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR), bagi ASN Pemko Banjarmasin belum dicairkan. 

Pasalnya,  Petunjuk Teknis (Juknis) mengenai pemberian THR belum diterima oleh  Bakeuda setempat, 

"Kita belum menerima Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terkait pembayaran THR. Intinya kalau juknis itu sudah turun, kita siap mencairkan," ujar Subhan Noor Yaumil, Kepala Bakeuda Banjarmasin,  belum lama tadi di Balai Kota Banjarmasin. 

Menurut Subhan, jika berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, Pemko menghabiskan dana sekitar Rp 15 M untuk membayarkan THR seluruh ASN, termasuk para honorer. Sedangkan para pejabat eselon 2 di Pemko Banjarmasin justru tidak mendapatkan THR, lantaran dialihkan untuk dana penanganan Covid-19. 

Dijelaskannya, perhitungannya adalah satu kali gaji pokok ditambah tunjangan. Namun tidak termasuk dengan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP). 

Meski begitu, ia menekankan bahwa tidak ada patokan kapan THR bagi ASN harus dicairkan. Pasalnya pihaknya sangat bergantung dengan keputusan Pemerintah Pusat terkait sistem maupun besaran dari THR. 

"Sekali lagi kita masih menunggu juknisnya. Belum dipastikan kapan, tergantung kesiapan Pemerintah Pusat. Tapi kalau berkaca tahun lalu satu minggu sebelum hari raya paling lambat harus sudah diberikan," pungkasnya. 

Sebelumnya, Presiden RI, Joko Widodo sudah meneken Peraturan Pemerintah (PP) yang  menetapkan pemberian THR dan Gajih ke 13 bagi ASN seperti PNS, TNI, dan Polri serta para pensiunan, pada Rabu, 28 April 2021 lalu. 

Dalam video Jokowi mengatakan, pemberian THR tersebut merupakan salah satu program pemerintah untuk mendorong peningkatan konsumsi dan daya beli masyarakat. Dia pun berharap, THR menjadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Jokowi juga mengatakan, pencairan THR akan dilakukan pada H-10 sampai H-5 Lebaran, dan gaji 13 dibayar menjelang tahun ajaran baru sekolah. 

Rian Akhmad/ Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!