PSU 28 April 2021, ASN Bakal Diberikan Dispensasi Waktu Saja

Pj Wali Kota Banjarmasin, Ahmad Fydayeen

hallobanua.com, Banjarmasin - Sesuai amar putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwali) Banjarmasin tahun 2020, bahwa di Kota Banjarmasin bakal digelar Pemilihan Suara Ulang (PSU) di 3 Kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan. 

Menyikapi itu, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin  tidak menetapkan hari libur pada  28 April 2021 mendatang, untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup pemko. 

Kepada hallobanua.com, Penjabat (Pj) Walikota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen mengatakan, keputusan tersebut sudah tertuang di dalam Surat Edaran (SE) Walikota yang sudah diterbitkannya beberapa waktu lalu yang berisi pemberitahuan Aparatur Sipil Negara (ASN) hanya diberikan dispensasi waktu bekerja. 

"Jadi ASN kita yang berdomisili di 3 kelurahan yang melaksanakan PSU akan diberikan kelonggaran jam kerja saja agar bisa memberikan hak suaranya ke TPS," ucapnya saat ditemui di lobby Balai Kota, Jumat (23/04/21) siang kemarin. 

Pria yang disapa Dayeen itu juga telah meminta kepada ASN di tingkat kelurahan dan kecamatan untuk lebih memasifkan sosialisasi mengenai pelaksanaan PSU,  termasuk para Ketua RT. 

"Intinya adalah upaya pendekatan secara persuasif kepada warga agar masyarakat di tiga kelurahan tadi mau datang ke TPS pada 28 April nanti," kata Dayeen 

Namun, tentunya pada saat PSU mendatang banyak juga para pekerja swasta yang turut mensukseskan PSU tersebut. Lantas, bagaimana langkah pemko terkait hal itu? 

Dayeen mengaku sudah meminta kepada perusahaan juga memberikan dispensasi waktu kerja bagi para karyawannya yang harus memberikan hak suaranya ke TPS. 

"Kemarin kita sudah koordinasi dengan Camat dan Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja mensosialisasikan ini ke perusahaan agar memberikan kelonggaran jam kerja untuk bisa ikut berpartisipasi dalam pemilihan ulang ini," ungkapnya. 

Bukan tanpa alasan, keputusan itu dibuat tak lain untuk mendongkrak jumlah partisipasi pemilih dalam pelaksanaan PSU di Kecamatan Mantuil, Basirih Selatan dan Murung Raya di Kecamatan Banjarmasin Selatan. 

"Selain keputusan tadi, kami (Pemko) juga terus berupaya agar tingkat partisipasi meningkat melalui himbauan berupa sosialisasi berupa spanduk baliho ajakan untuk ikut mensukses PSU," tutupnya. 

Rian Akhmad/ Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!