Resahkan Warga, Ular Piton Panjang 2,5 Meter Berhasil Dijinakkan

hallobanua.com, Banjarmasin - Tim Rescue dan TRC (Tim Reaksi Cepat) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, kembali mengevakuasi ular piton atau sanca kembang. 

Ular sepanjang 2,5 meter itu, sempat gegerkan warga Jalan Cemara Raya 2, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, hingga akhirnya berhasil ditangkap, Senin pagi (26/04/21) 

Sebelumnya diketahui, ular tersebut sempat memangsa ayam peliharaan Bambang, salah satu warga dikawasan tersebut. 

Hanafi, Anggota Animal Rescue BPBD Kota Banjarmasin mengatakan, hewan melata tersebut sudah beberapa hari terakhir membuat penghuni rumah dan warga sekitar resah, karena sudah memangsa beberapa hewan ternak warga. 

"Soalnya, sebelum ditangkap, ular ini sudah memakan 4 ekor ayam bangkok," ucapnya saat dibincangi awak media. 

Saat dijinakan  ujar Hanafi, ular berukuran 2,5 meter ini sedang asyik menikmati mangsanya yang sudah menelan 1 ayam dan 1 ayam lagi sedang dililit. 

Ia menjelaskan, si pemilik sudah beberapa hari mengincar hewan buas tersebut untuk ditangkap. Bambang pun sudah melaporkan kepada petugas Animal Rescue bahwa sejak pertama kali ayam kesayangannya dimangsa beberapa hari sebelum penangkapan. 

Namun, dalam proses evakuasi pihaknya tidak menemui kendala,  sehingga mudah untuk ditangkap dan dievakuasi. 

"Sering lolos, jadi sulit untuk ditangkap. Beruntung hari ini si ular sedang melilit ayam bangkok di dalam kurungan. Jadi lumayan mudah menangkapnya," ujar Hanafi. 

Sampai saat ini, total ada 6 ayam bangkok milik Bambang yang sudah dimangsanya. 

Saat ditanya kenapa ular piton tersebut berada dipemukiman warga? Hanafi mengungkapkan  kemungkinan habitatnya terganggu.  Hal itu yang membuat ular tersebut berburu makanan hingga ke lingkungan manusia. 

Setelah diamankan, pihaknya pun mengatakan telah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Selatan agar terlebih dulu dilakukan karantina supaya tidak stress dan akan dilepaskan kehabit asalnya. 

Rian Akhmad/ Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!