Vaksinasi Di Tempat Ibadah, Dinkes Targetkan 500 Orang Perhari


hallobanua.com, Banjarmasin - Hari pertama pekan gebyar vaksinasi Covid-19 massal pada bulan Ramadan, dilaksanakan di Masjid Al Jihad Banjarmasin, Jum'at, (3/04/21) malam.

Kegiatan vaksinasi bagi jemaah mesjid itu, dilaksanakan usai sholat Tarawih, dan diharapkan dalam memenuhi target capaian angka vaksinasi bagi para lansia di Kota Banjarmasin, yang saat ini persentase angkanya masih 11 persen.

"Kegiatan malam ini kegiatan hari pertama dan dilaksanakn serentak di 8 masjid di Kota Banjarmasin. Kita targetkan 1 pekan ini 4.200 di  delapan tempat termasuk hari Minggu juga akan  dilaksanakan vaksinasi di Gereja Katedral," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi disela kegiatan Vaksinasi, Jum'at, (23/04/21).

Ia memaparkan, vaksinasi tahap pertama tersebut utamanya menyasar lansia, Aparatur Sipil Negara (ASN), guru maupun dosen, tokoh agama seperti ustadz dan penceramah serta pengurus masjid.

"Syaratnya  cuma membawa KTP saja, jadi nanti agar tepat sasaran, di meja pendaftaran petugas kami nanti melihat umur dari peserta vaksin tersebut," timpal machli.

Machli mengaku, pihaknya menargetkan 1 hari vaksinasi di 8 masjid tersebut dapat memvaksin lansia maupun yang lain hingga 500 orang perhari selama 1 sepekan dilaksanakannya kegiatan gebyar vaksin tersebut.
"1 masjid itu 1 tim kita turunkan petugas. Jadi 1 hari itu minimal kita targetkan dapat memvaksin orang itu 300 sampai 500 orang," kata Machli.

Jubir Satgas Covid-19 Kota Banjarmasin tersebut pun berharap, gebyar vaksinasi tersebut bisa menjaring para lansia dan sasaran lainnya agar target vaksinasi di Kota Seribu Sungai dapat tercapai.

Sementara itu, Abdurrahman Fahir, salah seorang peserta vaksinasi mengungkapkan, ia mengikuti vaksinasi setelah mendapat pemberitahuan dari masjid setempat.

"Mengetahui dari berita yang ada dikoran sama ada pengumuman sari mesjid," katanya.

Ia mengaku, mengikuti vaksinasi karena kemauan sendiri, serta adanya dukungan  dari keluarga.

Pria berumur 70 tahun tersebut mengaku sempat merasakan takut untuk melaksanakan vaksinasi. Tetapi merasa yakin karena melihat pemberitaan di media bahwa vaksinasi aman.

Rian Akhmad/ Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!