BPK Jadi Atensi, Pemko Bakal Godok Regulasi Perda Damkar dan Pembinaan

hallobanua.com, Banjarmasin – Peristiwa kecelakaan di jalan raya hingga menelan korban jiwa antara pejalan kaki dengan mobil BPK, menjadi perhatian serius dari Pemerintah Kota (pemko)  Banjarmasin, mengingat kejadian seperti itu tidak hanya sekali saja terjadi.

Pemko Banjarmasin sebelumnya pernah menerbitkan peraturan daerah (Perda) nomor 13 tahun 2008, yang mengatur pembagian wilayah pemadaman kebakaran. 

Saat ditanya terkait penerapan perda nomor 13 tahun 2008 tersebut, Kepala Seksi (Kasi) Damkar di Satpol PP dan Damkar Kota Banjarmasin, Misran mengakui bahwa perda tersebut tak kunjung berjalan. Bahkan lebih tepatnya kerap dilanggar. 

"Kami sudah sampaikan perda itu kepada BPK. Tapi kerap dilanggar. Di situ (perda) tidak ada tindaklanjutnya. Apa yang akan dilakukan pemda pun juga tidak ada," ucapnya, Senin (17/05/21). 

Lalu, bagaimana dengan kebakaran yang terjadi di luar daerah, dan BPK berangkat untuk membantu? Terkait hal itu, Misran mengaku tak mampu berbuat banyak. 

Ia pun mengaku tak kuasa melarang keinginan BPK yang untuk membantu memadamkan api di wilayah lain. 

Meski begitu, ia menjanjikan bahwa pihaknya bakal berupaya melakukan pembenahan. Agar masing-masing tahu tugas dan fungsinya. 

"Untuk kasus yang baru-baru ini terjadi, kami mengimbau dan berharap BPK lain bisa mengambil pelajaran. Jangan bergerak kalau tidak di wilayah Kota Banjarmasin. Dan selalu berhati-hati bila bergerak," himbaunya. 

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kota Banjarmasin, Mukhyar pun angkat bicara terkait kondisi yang terjadi, yang melibatkan BPK dan warga. Mukhyar pun menjanjikan akan membahas kembali regulasi yang mengatur hal itu. 

"Niatnya baik, untuk membantu orang. Tapi kami juga perlu mengimbau agar BPK ketika ingin memadamkan api, perlu mengingatkan diri mereka sendiri. Jadi sama-sama lah saling paham," pungkasnya. 

Sebelumnya, dalam perda nomor 13 tahun 2008, pemerintah pernah mengatur zona penanganan kebakaran. Lebih tepatnya, penanganan bila kebakaran terjadi di Kota Banjarmasin. 

Rinciannya, zona penanganan dibagi dua wilayah, dengan pembatasnya adalah Sungai Martapura.

Rian Akhmad/ Yayan


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!