Buah Dan Sayuran di Pasar Kemakmuran Kotabaru, Diuji Penggunaan Pestisidanya

hallobanua.com, Kotabaru – Pemkab Kotabaru melalui dinas terkait, melakukan pengujian ambang batas penggunaan pestisida di komoditi buah dan sayur yang dijual pedagang di Pasar Kemakmuran Kotabaru.

Beberapa sayuran dan buah-buahan diuji penggunaan pestisida apakah melebihi ambang batas, seperti anggur dan buah-buahan lainnya, sedangkan sayuran diuji adalah jenis sawi. 

Pengujian ambang batas penggunaan pestisida buah dan sayur yang dijual pedagang tersebut,   dikoordinatori Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kotabaru H Akhmad Rivai.

Menurut Rivai, sayur dan buah dibeli sekaligus sampel pengujian ambang batas penggunaan pestisida, selain di pasar pihaknya melakukan pengecekan juga di pedagang pinggir jalan.

Dari hasil uji tersebut, ditambahkannya hasilnya akan bisa diketahui setelah dua hari dilakukan pengujian.

"Makanya sampel diuji (sayur dan buah) langsung dibeli. Buah diuji itukan yang didatangkan langsung dari Banjarmasin," katanya.

Dijelaskannya lebih lanjut, jika ada jenis sayur dan buah melebihi ambang batas penggunaan pestisida, sanksi awal berupa teguran.

"Selain sampel sayur dan buah dibeli dari pedagang diberikan teguran agen sekaligus distributor juga bakal kena sangsi," pungkasnya.

Heri/ Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!