Di PSU Pilwali Kota Banjarmasin, Partisipasi Pemilih Meningkat 10 Persen


hallobanua.com, Banjarmasin - Gelaran Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 3 Kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan, seusai putusan MK dalam ajang Pilwali 2020, telah usai dilaksanakan.  KPU Kota Banjarmasin mengklaim jika angka partisipasi pemilih meningkat hingga 10 persen, jika dibandingkan pilkada pada 9 Desember 2020 tadi.

"Jadi untuk partisipasi pemilih pada PSU kemarin itu meningkat. Dimana  secara umum 3 kelurahan itu pada 9 Desember lalu cuma 51 persen, pada PSU ini, masih beberapa TPS yang belum dihitung, tapi sudah mencapai 62 persen. Peningkatannya hampir 10 persen," ujar Komisioner KPU Kota Banjarmasin, Divisi Sosialisasi Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Taufikkurokhman, Jum'at, (30/04/21), malam. 

Hal itu menurut Taufik menjadi berita bagus. Saat ini masyarakat menjadi sadar akan pentingnya memberikan hak suara dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

Taufik juga mengaku, pihaknya sudah semaksimal mungkin melaksanakan sosialisai PSU bersama stakeholder terkait, untuk meningkatkan pemilih agar bisa memberikan hak suaranya di ajang PSU tersebut. 

Ia juga berharap, pada pelaksanaan PSU tingkat Pemilihan Gubernur (Pilgub) 9 Juni 2021 mendatang, partisipasi pemilih di Kecamatan Banjarmasin Selatan akan terus meningkat. 

"Karena pada 9 Juni nanti ada PSU pilgub lagi, mudah mudahan nanti lebih tinggi lagi partisipasi masyarakat di Kecamatan Banjarmasin Selatan," harapnya.

KPU Kota Banjarmasin awalnya menargetkan partisipasi pemilih pada 9 Desember 2020 lalu yakni sebesar 75 persen. 

Namun nyatanya pemilih di 3 Kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan hanya mencapai 51 persen. Sedangkan capaian partisipasi untuk seluruh Kota Banjarmasin hanya mencapai 57 persen lebih. 

Pihaknya pun terus melakukan evaluasi dengan melakukan sosialisasi tatap muka dengan tokoh masyarakat, melalui baliho spanduk, brosur, poster hingga media sosial untuk meningkatkan partisipasi pemilih. 

"Kedepannya kita juga terus sosialisasikan terkait PSU 9 Juni untuk Pilgub Kalsel," Tutupnya. 

Untuk proses pennghitungan suara, saat ini masih dilakukan di tingkat kecamatan, selanjutnya akan direkap di tingkat kota.

Rian Akhmad/ Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!