Lima Penumpang Gelap Masuk Banjarmasin, Satgas Perketat Penjagaan di Pelabuhan Trisakti

 

hallobanua.com, Banjarmasin – Petugas Kepelabuhan di Terminal Penumpang Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, menemukan 5 (lima) orang penumpang gelap yang baru tiba dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Selasa malam (18/5/21).

Lima orang penumpang gelap itu, terendus oleh petugas kepelabuhan Trisakti Banjarmasin, saat ingin turun dari KM Satya kencana III. Kelima penumpang terdiri dari tiga orang dewasa dan 2 orang anak-anak itu, bersembunyi di truk angkutan barang.

Padahal, kelima orang penumpang yang berangkat per 17 Mei 2021 dari Surabaya kemarin, masih larangan mudik masih belum dicabut.

Saat diinterogasi petugas, dari kelima orang penumpang gelap itu tidak bisa menunjukan dokumen Surat Keterangan Keluar Masuk (SIKM) serta surat keterangan bebas Covid-19. 

Alhasil, kelimanya pun langsung dilakukan pemeriksaan covid 19 melalui tes GeNose, dan hasilnya negatif semuanya, dan diperbolehkan untuk Kepada hallobanua.com, Kabid Lalulintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan, KSOP Kelas I Banjarmasin, Adriawan Simanungkalit, mengatakan, 5 orang itu diketahui ikut di kapal KM Satya Kencana III, yang sebenarnya hanya membawa barang truk pengangkut barang dari pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. 

"Ada satu perempuan membawa dua anak-anak, dia adalah istri dari sopir truk angkutan, lalu satu perempuan lagi adalah istri dari awak kapal, sedangkan yang laki-laki adalah pemilik barang. Setelah kita periksa GeNose, karena negatif sehingga mereka diperbolehkan untuk pulang," jelasnya. 

Sementara itu, Danramil 1007/03 Banjarmasin Barat Tengah, Mayor Czi Tandra Wideru, mengatakan, pihaknya bersama KSOP akan melakukan pengetatan serta pemeriksaan kepada semua penumpang terkait dokumen bebas Covid-19 dari daerah asal. 

"Apabila kedapatan tidak memiliki dokumen maka akan dilakukan pengecekan dengan rapid antigen hingga swab. Dan apabila ditemukan penumpang yang positif maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk di karantina," ucapnya. 

Pihaknya juga bakal melakukan penambahan personil untuk melakukan penjagaan di Terminal Trisakti. Hal itu guna memastikan protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat di Kawasan pelabuhan tersebut.

Rian Akhmad/ Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!