Momentum HPN 2021, Disdik Banjarmasin Dukung Program 'Merdeka Belajar'

hallobanua.com, Banjarmasin - Tepat hari ini, tanggal 2 Mei 2021, dunia pendidikan di Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional (HPN). 

Dimomen HPN 2021 ini tentunya pemerintah perlu peningkatan dan penajaman materi dalam program pembelajaran. 

Oleh sebab itu, Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia menjalankan bakal menjalankan Program 'Merdeka Belajar'. 

Lalu bagaimana dengan pendidikan di Kota Banjarmasin ? 

Terkait itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, Sekolah dan juga guru hampir semua turut memeriahkan serta memperkenalkan program rintisan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim tersebut. 

Kadisdik Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto mengatakan, apa yang dimaksud dengan merdeka belajar adalah sebuah sistem penajaman belajar yang lebih mengangkat kemampuan siswa itu sendiri, yakni  pembelajaran berbasis IT, namun bukan berarti tidak memberlakukan belajar tatap muka. 

Hanya saja itu untuk menu tambahan pembelajaran dan penguatan materi serta pendidikan karakter siswa itu sendiri. 

"Merdeka belajar nanti arahnya pembelajaran berbasis IT. Intinya ini metode pengembangan pembelajaran dan  memanfaatkan teknologi," katanya kepada hallobanua.com,  Minggu (02/05/21). 

Dilanjutkannya, sebagai bentuk  keseriusan mendukung program 'Merdeka Belajar', saat ini pihaknya telah mempersiapkan sekitar 16 sekolah penggerak yang akan dijadikan pilot project program tersebut. 

Sekolah yang dimaksud terdiri dari berbagai jenjang dan terbagi 3 sekolah untuk PAUD, 3 sekolah untuk SMP, dan 10 sekolah untuk tingkat SD. 

"Hari senin besok kita akan mencanangkan 16 sekolah penggerak yang terdiri dari Paud, SD dan SMP. Sekolah penggerak ini sebelumnya dilaksanakan seleksi," katanya. 

Tidak hanya Sekolah Penggerak, namun pihak Disdik juga akan memilih guru penggerak dalam rangka mendukung program merdeka belajar tersebut. 

Rian Akhmad/ Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!