Pemko Sidak Bahan Makanan di Retail Modern, BPOM Temukan Produk UMKM Kadaluarsa


hallobanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin bersama instansi terkait lainnya melakukan pantauan bahan-bahan pokok ke sebuah pusat perbelanjaan modern di Banjarmasin, Selasa, (04/05/21). 

Pj. Walikota Banjarmasin, Akhmad Feedayen ikut memantau langsung pusat Perbelanjaan Hypermart Banjarmasin didampingi Plh Sekda Kota Banjarmasin Mukhyar, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Perdagangan, Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar serta Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar POM di Banjarmasin, Hartoni Edi. 

Tujuan pemantauan untuk memastikan setiap produk makanan yang dijual layak untuk dikonsumsi konsumen untuk kebutuhan lebaran. 

"Seperti biasa dalam rangka mendekati lebaran. Sebutlah inspeksi, terkait kadaluarsa atau tidaknya sebuah barang yang dijual ke konsumen," ucap Pj Walikota Akhmad Fydayeen, Selasa (04/05/21) siang. 

Menurutnya, pihak Hypermart sudah melakukan proteksi secara ketat terhadap makanan yang dikirim dari distribusi. Ia pun mengaku tidak menemukan ada bahan makanan yang kadaluarsa. 

"Terakhir yang saya lihat ada keju Expirednya November 2021. Namun kawan-kawan disini ada sistem yang bagus diterapkan. Jika ada barang yang mendekati kadaluarsa ada pengingatnya," ungkap Dayeen. 

Meski begitu, Dayeen juga meminta agar setiap bahan makanan yang sudah mendekati masa kadaluarsanya untuk dikembalikan kepada distributor guna diganti barang baru, agar jangan sampai dijual ke masyarakat. 

Sementara itu, Store Manager Hypermart Duta Mall Banjarmasin, Jeffry Donovan mengklaim, bahwa produk yang dijual semuanya aman. 

Menurut dia, pihaknya sangat memperhatikan masa kadaluarsa setiap produk makanan yang dijual di tempatnya. 

Ia memaparkan, setiap hari selasa, dan akhir pekan, pihaknya selalu melakukan pengecekan masa kadaluarsa seluruh produk. 

Namun pernyataan berbeda justru disampaikan oleh Hartono, Kabid Tata Usaha Balai Besar POM di Banjarmasin tersebut meklaim telah menemukan produk olahan UMKM yang masa kedaluwarsanya habis. 

"Kita temukan produk UMKM yang mau expired, yakni kripik singkong. emang sudah bulannya mendekati expired. Jadi memang mau tak mau kita amankan," tegasnya. 

Ia pun menghimbau agar masyarakat menjadi konsumen cerdas. Yakni dengan seksama melakukan cek kemasan, label, izin edar serta tanggal Kadaluarsa. 

"Biasanya yang perlu diwaspadai mendekati lebaran itu seperti biskuit, pangan segar seperti daging dan pangan beku. Salah satu cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk menghindari bahan pokok yang sudah kadaluarsa," tutupnya. 

Rian Akhmad/ Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!