Peringati Hari Buruh Internasional 2021, Buruh Kalsel Berbagi di Ramadan, dan Tuntut Pembayaran THR Tidak Dicicil


hallobanua.com, Banjarmasin - Ada yang berberda dalam peringatan Hari Buruh Internasional tahun in. 

Kaum buruh atau pekerja di Kalimantan Selatan (Kalsel) tidak turun ke jalan dalam memperingati May Day, apalagi dimasa pandemi ini. 

Meski begitu, kaum pekerja Kalsel tetap menyuarakan aspirasinya, seperti Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Kalsel. 

Ketua Konfederasi KSBSI Kalsel, Mesdi menyatakan, pihaknya menuntut agar perusahaan tidak mencicil Tunjangan Hari Raya (THR) untuk kaum buruh Kalsel. 

Dia juga meminta agar Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi Kalsel untuk melakukan pengawasan atas pembayaran THR ini. 

"Disnaker harus mengawasi perihal ini agar kaum buruh mendapatkan apa yang menjadi haknya dari perusahaan," tegas Mesdi, Sabtu (01/04/21) di sela-sela acara bagi sembako di kantor Korwil KSBSI Kalsel di Jalan Cempaka Raya, Komplek Mekar Sari, Kota Banjarmasin. 

Tidak hanya itu, dalam rangka memperingati May Day tahun 2021, KSBSI Kalsel melakukan aksi sosial dalam memperingati hari besar tersebut. 

Aksi sosial ini berupa pembagian 350 paket sembako untuk kaum pekerja yang menjadi anggota KSBSI dan warga setempat. 

Mesdi juga mengungkapkan alasan pihaknya tidak turun ke jalan pada perayaan May Day tersebut.apalgi saat ini masih di tengah situasi pandemi Covid-19. 

Selain itu, kata Mesdi, pihaknya tidak turun ke jalan dikarenakan saat ini sedang bulan Ramadan. 

Namun pihaknya mengisinya dengan berbagi berkah kepada sesama, melalui penyaluran sembako. 

"Mengingat menjelang PSU (pemungutan suara ulang) Pilgub Kalsel, kami juga hendak menjaga kondusifitas dan menghindari terjadinya politisasi gerakan kaum buruh," tambahnya. 

Meskipun begitu, pihaknya tetap menyampaikan tuntutan kaum buruh. 

Terakhir, dia menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak yang memfasilitasi bantuan sembako, terlebih kepada Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs Rikwanto, SH, M Hum dan Disnaker Provinsi Kalsel. 

"Terimakasih kepada bapak Kapolda kalsel dan Disnasker Provinsi Kalsel atas support-nya terhadap kegiatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2021. Sehingga kami kaum buruh bisa mengisi May Day 2021 dengen kegiatan buka puasa bersama dan baksos," tutup Mesdi. 

Rian Akhmad/ Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!