Satpol PP Razia di Tempat Bilyar, Masih Banyak Didapati Pemilik Tak Kantongi Rekomendasi dari Disbudpar

hallobanua.com, Banjarmasin  - Razia serta patroli penegakan Perda Ramadan, kembali dilaksanakan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin, Selasa, (04/05/21) siang. 

Kali ini razia menyasar ke tempat-tempat permainan bilyar di beberapa kawasan di Kota Banjarmasin. 

Dari hasil pantauan hallobanua.com di lapangan, disalah satu tempat bilyar, tampak tiga orang yang tengah bermain bilyar   diketahui ketiganya adalah atlet. 

Petugas Satpol PP pun hanya mempertanyakan kepada si pengelola tempat apakah sudah mengantongi surat rekomendasi atau tidak. 

Kasi Operasi Satpol PP Kota Banjarmasin, Noor Fahmi Arif Ridha menjelaskan, dari hasil patroli yang digelar, diakuinya ada beberapa tempat bilyar sedang beroperasi. Namun, yang mengisinya pun juga para atlet bilyar. 

Di sisi lain, di tempat itu pula, Fahmi mengaku bahwa pihaknya hanya menanyakan apakah sudah mengantongi surat rekomendasi atau tidak, alias, hanya melakukan tindakan persuasif. 

"Ternyata memang tidak ada surat rekomendasinya. Yang ada hanya surat pemberitahuan dari pengurus cabang olahraga," bebernya.

Meski begitu, Fahmi mengatakan, pihaknya pun dengan tegas meminta kepada pengelola tempat bilyar agar segera mengurus surat rekomendasi. 

"Sementara diurus, kami minta untuk tutup dulu. Karena kalau tidak punya surat rekomendasi, jelas tidak diperbolehkan beroperasi," ucapnya.

Ditanya bagaimana jika surat rekomendasi tak kunjung diurus atau tak kunjung ada, namun tempat bilyar nekat buka di bulan Ramadan? Terkait hal itu, Fahmi mengatakan pihaknya bakal melakukan tindakan. 

"Seperti apa tindakannya, kami belum bisa memastikan. Intinya akan kami tindaklanjuti," tutupnya.

Diketahui sebelumnya, sesuai dengan Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Disbudpar Kota Banjarmasin, tempat bilyar yang diperbolehkan beroperasi selama Ramadan hanyalah yang menjadi wadah pembinaan atlet. 

Jam operasionalnya pun terbatas. Hanya dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Kemudian, juga hanya tempat yang mendapatkan rekomendasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin. 

Namun belakangan tersiar kabar bahwa SE yang dikeluarkan tak kunjung dipatuhi. Bahkan, ada tempat bilyard yang nekat beroperasi hingga malam hari. Satpol PP Kota Banjarmasin pun bergerak untuk melakukan penyisiran. 

Rian Akhmad/ Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!