Selain Sangsi Tilang, Pemilik Ranmor Wajib Datang Ke Mapolres Mengganti dengan Knalpot Standar


Hallobanua.com, Banjarmasin - : Satlantas Polresta Banjarmasin mengambil langkah tegas terhadap pemilik roda dua yang menggunakan knalpot brong atau bersuara bising.

Setelah sebelumnya, puluhan kendaraan roda dua yang dipasangi knalpot brong atau knalpot bising terjaring razia di sejumlah titik saat petugas melakukan hunting, Sabtu (1/5/2021) malam.

Pemilik roda dua tersebut selain kena sanksi tilang juga diminta datang mengganti knalpot motornya menjadi standart pabrik, di Mapolresta Senin (3/5/2021).

"Pemilik kita minta bawa knalpot standar ganti sendiri disini dan kita tukar dengan STNK baru bisa dibawa pulang, tapi kita bikinkan berita acara untuk dilakukan penyitaan knalpot brong," kata Kasat Lantas Kompol Gustaf Adolf Mamuaya.

Kegiatan ini, kata Kasat akan terus berlanjut, dengan harapan ke depan para pengendara sepeda motor dapat menggunakan knalpot yang sewajarnya atau knalpot standar.

Sebagai informasi, menggunakan knalpot brong atau bising , dalam amanat di pasal 18 ayat (1) Undang-Undang No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia serta asa di pasal 285 ayat (1) Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas berupa pengenaan sanksi pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp. 250 ribu pengenaan tilang.

Dky/ yayan


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!