Tekan Penularan Corona Pasca Lebaran, Pj Walikota Minta Warga Datang dari Luar Kota Diswab


hallobanua.com, Banjarmasin - Berbagai upaya dilakukan pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin untuk menekan laju angka penyebaran Covid-19 di Kota Banjarmasin. 

Mengingat pasca lebaran saat ini, tentunya banyak warga berasal dari luar daerah masuk ke Kota Seribu Sungai ini. 

Kepada hallobanua.com, Pj Walikota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen pun mengatakan bakal mengarahkan perangkat pemerintah mulai dari Camat, Lurah hingga RT dan RW, untuk memantau warganya yang baru pulang dari luar kota. 

"Saya juga minta kepada camat, lurah maupun RT dan RW untuk betul-betul memperhatikan warga yang mudik. Agar dapat menyertakan surat keterangan bahwa mereka bebas Covid-19," ucapnya kepada hallobanua.com, Senin, (17/05/21). 

Pria yang disapa Dayeen tersebut juga mengaku bakal melakukan swab test antigen kepada masyarakat pasca melakukan perjalanan jauh atau dadi luar daerah. 

"Kita juga berupaya agar melakukan swab untuk warga kita. Itu untuk memastikan saudara kita yang baru pulang mudik ini, dalam keadaan sehat dan bebas dari Covid-19," pungkasnya. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, meminta kepada perangkat masyarakat seperti RT dan RW untuk aktif mengawasi warga luar daerah yang datang. 

"Kita himbau kepada seluruh Camat, meneruskan ke Lurah dan diteruskan lagi ke tingkat RT dan RW, agar melakukan upaya tracking terhadap pendatang baru," ucap Machli saat diwawancara awak media, Sabtu, (15/05/21). 

Bukan tanpa alasan, hal itu dilakukan terkait dengan penyebaran Covid-19 yang dikhawatirkan akan meningkat usai lebaran. 

Jubir Satgas Covid-19 Kota Banjarmasin tersebut pun juga berharap kepada seluruh aparat RT dan RW agar segera melaporkan hasil data tracking pendatang baru kepada Lurah. Agar nantinya bagi pendatang dapat dilakukan rapid test antigen. 

"Kita berharap dalam kurun waktu 3x24 jam, menyampaikan laporan kepada Lurah dan Puskesmas terdekat agara pendatang baru dilaksanakan rapid test antigenn dipuskesmas dimana domisili pendatang itu berada," pungkasnya. 

Rian Akhmad/ Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!