Tujuh Buah Rumah di Pekapuran A Ludes Dilahap Api

hallobanua.com, Banjarmasin - Tujuh buah rumah di pemukiman padat penduduk, di kawasan Jl Pekapuran A, RT. 9 dan RT. 10 RW. 02, atau Jl.A Yani Km. 2 Simpang Ulin, Kelurahan Sungai Baru, Kecamatan Banjarmasin Timur, ludes terbakar, Selasa siang (18/5/21).

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu, namun, selain 7 buah rumah, dua bangunan kost 14 pintu yang berisi 15 Kepala Keluarga (KK) dan 35 Jiwa, ikut terbakar.

Saat kejadian, di lapangan terlihat puluhan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Kota Banjarmasin langsung berdatangan ke Tempat Kejadian Musibah (TKM) 10.11 tersebut. Hal itipun sontak membuat Jl. Di kawasan A Yani macet. 

Kepada hallobanua.com, H Arbain, salah satu korban yang rumahnya ikut terbakar, mengaku terkejut atas insiden kebakaran tu. 

Ia mengaku bersama istrinya saat itu sedang berada di Pasar 5 untuk berjualan nasi. 

"Saat itu saya sedang di pasar berjualan nasi sama istri di warung, kemudian ada telepon dari anak saya yg tinggal di Kelayan mangabari kebakaran dari belakang rumah," ungkapnya. 

Mendapat kabar tersebut dan menyadari rumah sedang kosong, ia langsung bergegas pulang untuk melihat kondisi rumahnya.

"Rumah saya berloteng jadi yang habis terbakar pelaponya," ujarnya. 

Sementara, Nasrullah warga RT. 9 yang ikut membantu memadamkan api menambahkan saat itu dirinya sedang tidur dan terbangun karena ada keributan teriakan api dan suara sirine BPK. 

"Saat itu saya melihat api sudah besar dan asapnya sudah menggumpal tebal dan saya tidak melihat asal muasal api itu yang jelas asapnya sudah tebal," pungkasnya. 

Terpisah, salah satu anggota Tagana Provinsi Kalimantan Selatan, Abdul Halim, di lokasi kejadian menyebutkan, api pertama kali muncul dari salah satu rumah sekitar kost-kostan putra, Namun pihaknya belum berani memastikan penyebab dari insiden itu. 

"Itu dari informasi warga, tapi kita belum berani memastikan karena masih dalam penyelidikan, yang jelas ada 4 buah rumah terbakar," katanya. 

Petugas kebakaran sempat terkendala dalam memadamkan api, pasalnya rumah yang terbakar banyak terbuat dari bahan kayu sehingga membuat api dengan cepat menjalar, ditambah lagi padatnya bangunan dikawasan tersebut. 

Pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran itu, akibat peristiwa tersebut kerugian materi jumlahnya ditaksir tidak sedikit.

Rian Akhmad/ Yayan
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!