Masuk Proses Lelang, Normalisasi Sungai Siap Kembali Digalakkan

 
hallobanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin bakal kembali menggalakan program normalisasi sungai yang beberapa bulan ini sempat terhenti. 

Program penanganan pasca banjir tersebut sempat terhenti ditengah jalan, karena ada beberapa faktor. Salah satunya adalah tidak tersedianya  alokasi anggaran Pemko untuk menyelesaikan program itu. 

Namun pasca resmi dilantik, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina rencanakan akan melanjutkan lagi program tersebut 

"Insya Allah kita alokasikan  anggaran untuk pengerukan dan pembongkaran pada sungai yang menjadi prioritas dan termasuk sungai-sungai lainnya," ungkap Ibnu Sina saat ditemui awak media. 

Bahkan, Pemko juga telah mengajukan usulan anggaran tambahan ke pusat untuk menuntaskan progam yang menjadi salah satu prioritas Pemko Banjarmasin ini. 

"Kita juga sudah mengajukan usulan ini ke pusat untuk minta pendanaan dan mudah-mudahan ada yang dikabulkan," jelasnya. 

Adapun sungai yang menjadi prioritas dalam program normalisasi sungai ini ialah sungai di kawasan Veteran, sungai sepanjang jalan A. Yani dan Sungai Guring. 

Ditanya kapan normalisasi sungai akan mulai dilaksanakan? Ibnu Sina menjawab akan segeranya dilakukan. Namun menunggu proses lelang untuk program ini selesai terlebih dahulu. 

"Ini kita sudah mulai tahap lelang sebagian" pungkasnya. 

Sebelumnya, program normalisasi sungai digalakkan Ibnu Sina pasca banjir diawal tahun 2021 lalu. 

Pihaknya juga  sempat membentuk Tim Satgas Normalisasi Sungai pada saat status siaga bencana banjir, namun dibubarkan usai bencana banjir berakhir. 

Kendati demikian, tugas normalisasi sungai dialihkan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!