Apakah Banjarmasin PPKM Level IV? Ini Dia Penjelasan Kadinkes

 
hallobanua.com, Banjarmasin - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP-PEN) resmi mengeluarlan daftar 45 Kabupaten/Kota di 21 provinsi luar pulau Jawa yang memasuki Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV. 

Kalimantan Selatan sendiri diketahui termasuk dalam 19 Provinsi yang harus melaksanakan PPKM level IV tersebut,  yakni Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, yang bakal dilaksanakan mulai tanggal 26 Juli 2021 mendatang. 

Namun hal itu dibantah keras oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin saat dikonfirmasi, melalui sambungan telepon pada Jum'at (23/07/21) malam. 

"Tidak, kita harus mengevaluasi dulu, kita menilai dan menentukannya, dan kita yang menganalisanya, " tukasnya  saat dihubungi rekanan media, Jum'at (23/07/21) malam. 

Menurut Machli, untuk menuju PPKM level IV tersebut harus memenuhi 3 indikator terlebih dahulu, yakni penambahan kasus Covid-19 mingguan, berapa orang yang dirawat dalam seminggu di rumah sakit dan Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit. 

"Yang tahu persis data itu kan tempat kita, boleh saja data KCP-PEN menyebut seperti itu. 3 indikator itulah penentu level PPKM-nya. Kalau sekarang buru-buru sekali menetapkan begitu," ujarnya tegas. 

Selain itu, Jubir Satgas Covid-19 tersebut mengaku, saat evaluasi minggu lalu Banjarmasin hanya melaksanakan PPKM level II mendekati III. 

"Memang mendekati III, tapi kita tidak tetapkan dulu supaya masyarakat jangan panik. Kasihan ekonomi masyarakat ini, psikologi masyarakat kita seperti apa nantinya,"katanya. 

Machli juga mengatakan, pihaknya pun akan melakukan evaluasi terlebih untuk menentukan apakah kota Seribu Sungai melaksanakan PPKM level IV. 

"Besok kita evaluasi dulu, setiap Sabtu kan kita evaluasi. Jadi akan kita tentukan apakah kita level IV atau level III. Sabtu kemaren kan hanya level II mendekati III," tutupnya. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!