DLH Himbau Masyarakat Jangan Buang Sampah Isoman Sembarangan

Hallobanua.com, Banjarmasin -Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin meminta warga yang menjalani isoman untuk tidak sembarangan membuang sampah. 

Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, DLH Banjarmasin, Marzuki menilai, warga yang melakukan isolasi secara mandiri seharusnya sadar dan mengetahui bagaimana cara mengelola sampah yang  mereka hasilkan. 

"Misalnya masker, kan sudah ada arahan sebelum membuang, maskernya digunting atau dirusak dulu. Supaya tidak dipungut yang kemudian dipakai kembali oleh pemulung," ucapnya saat ditemui awak media di Balai Kota, Kamis, (29/07/21) 

Penekanan tersebut dilakukan lantaran adanya resiko penularan virus yang terjadi dari sampah yang dihasilkan warga isoman. Khususnya sampah masker dan tisu yang digunakan. 

"Tidak menutup kemungkinan masker bekas ini jadi media penularan," tegas pria yang biasa disapa Zek tersebut. 

Tidak hanya itu, ia juga menghimbau agar sampah yang dihasilkan selama menjalani isoman bisa dibungkus rapi dan rapat dengan kantongan. 

Marzuki juga meminta yang bersangkutan juga harus berkoordinasi dengan Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat. 

"Jadi Ketua RT bisa mengkomunikasikannya dengan petugas kebersihan (paman sampah). Supaya bisa diamankan dan tidak dibongkar pemulung, waktu dibuang ke TPS (Tempat Pembuangan Sampah)," imbuhnya. 

Selain itu, Marzuki juga telah menghimbau seluruh petugas kebersihan yang ada di bawah kewenangannya untuk tidak menyentuh langsung sampah-sampah. Terutama masker dan tisu. 

"Selama menjalankan tugasnya, petugas kita sudah diinstruksikan untuk selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa sarung tangan, masker dan sepatu boot," ujarnya. 

Lalu, bagaimana penanganan sampah isoman itu selanjutnya, setelah sampai ke TPS? Terkait hal itu, Marzuki mengaku sampah tersebut akan langsung dikubur di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Banjar Bakula yang ada di Jalan Lingkar Basirih. 

"Tapi akan lebih baik jika warga yang isoman bisa mengubur sampah bekas isoman sendiri sebagai bentuk tanggung jawab kepada dirinya sendiri," pungkasnya. 

rian akhmad/may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!