Kini, Baju Dinas ASN Kota Banjarmasin Gunakan Atribut Kepangkatan


hallobanua.com, Banjarmasin - Berlaku sejak Kamis, 1 Juli 2021, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin diwajibkan memasang lencana kepangkatan di seragam Pakaian Dinas Harian (PDH).

Seragam yang biasanya hanya dihiasi dengan nama dan logo Kayuh Baimbai saja, kini terdapat tambahan lencana kepangkatan.

Seperti yang terlihat pada seragam dinas milik Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Mukhyar.

Di kerah seragam miliknya terlihat lencana 1 Bintang Astha Brata berupa bintang berwarna kuning emas yang timbul.

Terkait hal itu, Mukhyar mengaku bahwa penggunaan tanda pangkat pada Pakaian Dinas Harian (PDH) itu berdasarkan ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 11 Tahun 2020.

"Beberapa hari lalu Pak Walikota (Ibnu Sina) yang melempar penggunaan lencana kepangkatan ini. Jadi untuk Sekda memasang tanda pangkat di leher sebelah kanan," ujarnya.


Dijelaskannya, tanda pangkat tersebut dipakai di Pakaian Dinas Harian (PDH) selama menjalankan dinas dan jam kerja. Baik dilingkungan pemerintah kota maupun saat melakukan dinas ke luar kota.

"Jadi mulai dari hari Senin hingga Selasa mengenakan seragam khaki. Lalu, Rabu putih serta Kamis dan Jumat pakaian sasirangan. Walaupun ganti seragam tetap mengenakan atribut kepangkatan itu," ujarnya


Dijelaskannya, setiap pangkat yang dimiliki masing-masing ASN berbeda-beda. Eselon I, II, III maupun IV memiliki tanda pangkatnya tersendiri.

Tidak hanya itu, penggunaan tanda pangkat tersebut ujarnya tidak bertujuan untuk menjadikannya sekat seperti halnya atasan dan bawahan.

Menurutnya, itu sebagai penanda dan penghargaan atas pengabdian ASN sehingga bisa mendapat pangkat tersebut.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menjelaskan bahwa hal itu memang merupakan hasil dari diskusi pihaknya bersama pegawai ASN di pemko lainnya.

"Kemarin bersama teman-teman dari arahan pimpinan, mau diberlakukan atau tidak. Dan sebagian besar menyetujuinya," pungkas orang nomor satu di Seribu Sungai ini.


rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!