Masyarakat Patuhi Himbauan Pemerintah, Malam Takbiran Cukup di Mesjid Saja

 
hallobanua.com, Banjarmasim - Malam takbiran hari raya Idul Adha 1442 H di kota Banjarmasin, Kalimantan  Selatan (Kalsel) terpantau hanya dilakukan di masjid dan tidak terlihat adanya pawai maupun arak-arakan. 

Karena sebelumnya memang adanya larangan takbir keliling meski kondisi  kota yang masih bisa dikatakan zona hijau Covid-19. 

Meski begitu dari pantauan di lapangan pada pukul 21.00 Wita, di kawasan perbatasan Banjarmasin dan Kabupaten Banjar jalan Ahmad Yani KM 6. Pergerakan kendaraan di jalan raya terlihat masih ramai lalu lalang. Baik itu dari arah luar kota menuju Banjarmasin ataupun sebaliknya. 

Kandati demikian, di sejumlah tempat keramaaian di Kota Banjarmasin terpantau sepi, seperti Siring Menara Tendean, kawasan Tugu 0 Km dan Patung Bekantan. 

Terlihat juga aparat kepolisian, dinas perhubungan dan pemangku kepentingan lainnya yang berjaga. 

Memang sebelumnya, pemerintah provinsi Kalimantan Selatan menerbitkan Surat Edaran (SE) nomor 800/3167/P2P/Dinkes/2021 pada Jumat (16/7/21). 

Surat edaran itu ditandatangani unsur Forkopimda Kalsel, mengatur soal petunjuk teknis penyelenggaraan malam takbiran, sholat Idul Adha  dan pelaksanaan qurban 1442 Hijriah. 

Soal takbiran, tidak diperkenankan gelar takbir keliling, hanya dilakukan di masjid dengan kapasitas 10 persen dari kapasitas masjid. 

Aturan itu  berlaku di zona hijau dan kuning, sementara zona merah dan oranye diimbau gelar di rumah masing-masing. 

Dky/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!